oleh

Pulihkan Ekonomi, Disparbud Gagas 100 Desa Wisata

Trenggalek, (afederasi.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek tengah menyesuaikan visi bupati dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. Dengan prioritas pemulihan ekonomi berbasis pariwisata, instansi plat merah tersebut tengah menggagas 100 desa wisata.

Kepala Disparbud Trenggalek Sunyoto menjelaskan, untuk menyesuaikan visi tersebut pihaknya saat ini telah menggagas perkembangan 100 destinasi wisata berbasis desa.

“Gagasan tersebut sudah kami sampaikan dalam rapat Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Trenggalek tahun anggaran 2022,” ungkapnya, Jumat (5/2/2021).

Rencana tersebut lanjut Sunyoto, tertuang dalam pemulihan ekonomi berbasis pariwisata kolaboratif dan berwawasan lingkungan.

“Untuk mewujudkan, tentunya harus diawali pengembangan destinasi wisata unggulan, desa wisata dan penguatan branding serta promosi,” ungkapnya.

Masih menurut Suyoto, pengembangan destinasi wisata unggulan itu akan dicapai antara lain melalui lelang investasi pariwisata.

Sunyoto menambahkan, desa wisata berbasis potensi desa ini juga untuk pengembangan ekonomi serta mendongkrak daya tarik pariwisata.

“Pengembangan desa wisata ini perlu diikuti oleh branding dan promosi, dengan adanya event untuk lebih menguatkan daya tarik pariwisata,” pungkasnya. (pb/yp)

Baca Juga  Dinilai Ampuh Tekan Covid-19, Joko Irianto Ajak Sukseskan PPKM Mikro dan Vaksinasi

News Feed