oleh

Pemkab Trenggalek Naikkan PAD Sektor Pariwisata

Trenggalek, (afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor pariwisata menjadi Rp 6,5 miliar.

Jika dibandingkan dengan target Tahun 2020 sebesar Rp 5,3 miliar, pada tahun 2021 ini ada kenaikan sekitar Rp 1,2 miliar atau 18 persen.

Kepala Dinas Disparbud Trenggalek Sunyoto mengatakan, berdasarkan data di Tahun 2020, PAD yang terealisasi sebesar 86,93 persen dari target. Menurutnya, angka tersebut masih bisa dibilang sangat positif. Mengingat situasi ditengah pandemi.

“Ditahun 2020, pendapatan masih terbilang cukup positif. Dari target Rp 5,3 miliar, mampu realisasi Rp 4,65 miliar atau 86,93 persen,” ungkapnya, Minggu (17/1/2021)

Disampaikan Sunyoto, sebelumnya pada 2020 pendapatan ditargetkan Rp 12,5 miliar. Karena ada wabah pandemi Covid-19, kemudian dievaluasi menjadi Rp 5,3 miliar.

“Nah, ditahun 2021 ini dengan target Rp 6,5 miliar, kami akan terus berupaya untuk mengembalikan kejayaan sektor pariwisata,” terangnya.

Sunyoto menjelaskan, kedepan pihaknya juga akan mengggenjot dalam hal promosi destinasi wisata serta inovasi pariwisata. Seperti adanya paket wisata berbasis aplikasi serta peluang dan potensi yang ada.

“Tahun 2021 ini Perbup pemesanan online sudah ada. Selain itu kita juga akan membuat aplikasi sendiri, optimis tentunya untuk capaian target ditahun ini,” jelasnya.

Ditambah Sunyoto, keputusan target PAD ini lantaran adanya pandemi Covid-19. Bahkan sejak pandemi berlangsung sudah beberapa kali semua objek wisata ditutup.

Ketika semua objek wisata Trenggalek nanti dibuka, tidak ada jaminan dunia piknik bisa langsung bergairah. Mengingat perekonomian juga sedang lesu, menyusul wabah Covid-19 yang tengah melanda penjuru dunia.

“Meski akan digenjot kembali, namun kita tetap mengutamakan disiplin prokes dengan ketat, jangan sampai ada klaster pariwisata,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed