oleh

Nekat Berkunjung, Sejumlah Wisatawan Dipulangkan

Tulungagung, (afederasi.com) – Sejumlah warga yang hendak berwisata ke Bendungan Wonorejo masuk Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo terpaksa dipulangkan oleh petugas jaga, Sabtu (2/1/2021). Pasalnya, mereka nekat berkunjung walaupun ada himbauan larangan dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Petugas Keamanan Wilayah Bendungan Wonorejo Supriyono mengatakan, pemulangan wisatawan ini bukan semata-mata kehendak dari pengola. Melainkan, penerapan surat edaran dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. Mengingat, penyebaran Covid-19 kini kian meluas dan seiring bertambahnya klaster baru.

“Untuk wisata Bendungan Wonorejo sudah ditutup sejak tanggal 19 Desember 2020 yang lalu. Namun masih saja warga yang datang kesini,” ungkapnya.

Bahkan untuk mengantisipasi kerumunan lanjut Supriyono, petugas juga melakukan penyisiran di sekitar area wisata. Harapannya, agar instruksi dari pemerintah itu benar-benar efektif untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

“Tetap ada warga yang sekedar berteduh di sepanjang jalan area waduk,” ungkapnya.

Supriyono mengungkapkan, penutupan daerah wisata Bendungan Wonorejo tersebut berupa penutupan loket karcis masuk, penutupan akses utama ke bendungan dan pembatasan area parkir dengan rambu-rambu di sekitar bendungan.

Baca Juga  Gasak Ranmor, Pria Asal Gesikan Ditangkap Polisi

“Semua itu kita lakukan untuk menghalau pengunjung,” ujarnya.

Supriyono mengakui, pasca pandemi Covid-19 ini jumlah pengunjung jauh menurun dibandingkan sebelum mewabah. Hal ini juga memperngaruhi pendapatan dari uang tiket masuk berikut penghasilan pedagang sekitar.

“Kami berharap semua masyarakat mematuhi semua himbuan pemerintah, Harapannya agar penularan Covid-19 bisa menurun dan semua aktivitas kembali normal,” pungkasnya. (zis/yp)

News Feed