oleh

Kota Pahlawan Miliki Destinasi Wisata Hutan Kota Baru

Surabaya, (afederasi.com) – Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Jalan Lempung Perdana telah resmi diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Kamis (19/11/2020)

Tahura yang berbentuk hutan dengan tanaman buah-buahan dan tanaman herbal ini dibuka untuk umum, dan menjadi salah satu destinasi wisata hutan kota baru kesepuluh di Kota Pahlawan Surabaya.

“Sejauh ini Tahura di Surabaya sudah ada sepuluh, dan dibuka untuk masyarakat umum,” kata Walikota Tri Rismaharini desela-sela kunjungannya.

Risma mengungkapkan, taman ini diresmikan dengan tujuan edukasi pada masyarakat serta meningkatkan penghasilan warga sekitar. Jadi warga tidak hanya mendapatkan penghasilan, namun juga belajar seputar penanaman dan jenis tanaman potensial.

“Semua itu kita berikan ke warga. Kaya contohnya kemarin yang ketela rambat kapan hari kita panen, kita bagikan pada warga,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai tanaman sorgum untuk Tahura Lempung, ia mengatakan bahwa penanaman sorgum akan dilakukan dulu oleh DKPP, lantaran warga belum terbiasa.

“Tapi kalau sorgum sih disemua 10 Tahura itu ada,” kata Risma.

Baca Juga  Kota Marmer Bakal Miliki Geopark Skala Nasional

Sementara itu, Yuniarto Herlambang mengatakan pembangunan Tahura Lempung ini sudah dilakukan sejak tahun 2019. Di Tahura ini meliputi tanaman produktif dengan jumlah 30 jenis, dan tanaman herbal sebanyak 31 jenis. Total tanaman yang ada di Tahura Lempung ada sekitar 2.100, dengan luas lahan 1,9 ha.

“Tidak hanya itu, kita juga ada ayam petelor. Sudah kita besarkan sejak kecil, nanti kalau udah dewasa kita kasihkan ke warga. Jumlah yang besar sekarang ini ada 1000an,” paparnya.

Kendati demikian, untuk syarat mendapatkan bantuan tersebut, Pemkot Surabaya akan memeriksa lokasi lantaran dimanfaatkan untuk berbagai kelompok.

“Kita lihat kemarin 1 RT dapat 18 ekor, diberi pangan sama kandang. Kalau udah bertelur kami harap warga bisa meningkatkan dan merawat lagi,” pungkas Herlambang. (dwd/yp)

News Feed