oleh

Ini Alasan Kota Marmer Tak Dapatkan Dana Hibah dari Kemenparekraf

Tulungagung, (afederasi.com) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tulungagung menyebutkan pendapatan asli daerah (PAD) dari perhotelan dan restoran hanya mampu menyumbang 3 persen dari PAD di Kota Marmer sebesar Rp432 miliar, atau setara Rp13 miliar setiap tahunnya.

“Retribusi pajak hotel dan restoran hanya mampu menyumbang 3 persen dari PAD yang diperoleh setiap tahunnya,” ungkap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tulungagung Endah Inawati melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan PAD, Dwi Teguh Prasetya, Kamis (22/10/2020)

Berdasarkan informasi yang dihimpun afederasi.com, Kabupaten Tulungagung tidak memperoleh dana hibah dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif (kemenparekraf), karena tidak memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Kemenparekraf.

Dimana, salah satu kriteria umum untuk mendapatkan dana hibah dari Kemenparekraf yaitu daerah kabupaten/kota harus memiliki 15 persen PAD yang berasal dari penerimaan pajak hotel dan pajak restoran (PHPR),  sedangkan di Tulungagung hanya 3 persen.

Lebih lanjut Teguh menuturkan, awal tahun 2020 atau sebelum terjadinya pandemi Covid-19, target retribusi pajak perhotelan sebesar Rp3 miliar, sedangkan untuk pajak restoran sebesar Rp10 miliar.

“Karena adanya Pandemi, maka ada relaksasi pajak perhotelan dan restoran diturunkan,” jelasnya.

Untuk pajak perhotelan dari semula Rp3 miliar menjadi Rp1,5 miliar, sedangkan untuk restoran dari Rp10 miliar menjadi Rp3,7 miliar.

Sejak Januari hingga Oktober, retribusi pajak perhotelan hanya menyerap Rp1,3 miliar atau 92,19 persen. Untuk pajak restoran sendiri mampu menyerap Rp3,9 miliar atau 104,58 persen.

“Artinya dari perhotelan sendiri kurang Rp200 juta, kalau restoran sudah lebih dari target,” terangnya.

Bapenda terus berkoordinasi dengan sektor perhotelan, untuk dapat menggenjot pendapatannya agar mencapai target di akhir tahun nanti. Meskipun nanti tidak bisa mencapai target, Bapenda akan mengadakan evaluasi di tahun 2021. (er/dn)

News Feed