oleh

Hari Terakhir Cuti Bersama, Pantai Gemah Diserbu Wisatawan

Tulungagung, (afederasi.com) – Sebanyak 5000 lebih wisatawan mengunjungi Pantai Gemah yang terletak di Desa Keboireng Kecamatan Besuki. Mereka memanfaatkan hari terakhir cuti bersama pada Minggu (23/8/2020).

“Diperkirakan jumlah pengunjung hari ini sebanyak 5000 lebih,” kata salah satu pengelola Pantai Gemah Purnomo kepada afederasi.com.

Purnomo mengatakan, meskipun cuti bersama dimulai pada Kamis (20/8/2020), namun jumlah pengunjung yang paling banyak hanya pada hari ini. Hal ini disebabkan karena cuti bersama bertepatan dengan tahun baru islam yang jarang dimanfaatkan untuk berkunjung ke pantai.

“Tiga hari sebelumnya jumlah pengunjung hanya sekitar 100 s/d 300 wisatawan saja,” katanya.

Purnomo melanjutkan, dibandingkan sebelum Covid-19 mewabah, jumlah pengunjung hari ini masih relatif kecil. Namun setidaknya momen ini bisa membantu menggerakkan perekonomian di Pantai Gemah. Apalagi, sudah ada pengunjung dari luar kota tentunya juga membawa berkah bagi para pedagang.

“Banyak pedagang dan penyewaan perahu atau ATV yang memanfaatkan situasi ini untuk mengais rezeki,” imbuhnya.

Meski menjadi pusat kerumunan massa lanjut Purnomo, pengelola Pantai Gemah sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Setiap pengunjung yang masuk dilakukan cek suhu tubuh dengan thermo gun  dan diwajibkan memakai masker.

Baca Juga  Simpan Sabu Dalam Helm, Sopir Angkut Gurame Diciduk Polisi

Selain itu, disetiap sudut lokasi juga disediakan tempat cuci tangan. Demikian halnya dengan para pedagang yang berada di area Pantai Gemah.

“Kami bersama tiga pilar juga terus mewanti-wanti kepada wisatawan untuk jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan melalui pengeras suara atau turun langsung ke pantai,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Besuki AKP Sumaji mengungkapkan, jumlah pengunjung Pantai Gemah pada liburan cuti bersama ini memang lebih banyak daripada hari-hari sebelumnya. Namun demikian, berdasarkan pantauannya sejak pagi hingga sore ini situasi masih aman dan kondusif.

“Alhamdulilah tidak ada kejadian yang menonjol. Hanya terjadi antrean di pintu masuk karena satu-persatu pengunjung dicek suhu tubuhnya,” katanya.

Sumaji melanjutkan, pihaknya juga mengapresiasi pengelola Pantai Gemah yang ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Kedepan, pihaknya akan mengusulkan Pantai Gemah menjadi Wisata Tangguh Semeru yang mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. (yp).

News Feed