Rabu, 10 November 2021, 18:57 WIB

Disbudpar Usulkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata Pantai Gemah

Tulungagung, (afederasi.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung tengah mengusulkan beberapa lokasi wisata untuk segera dilakukan uji coba pembukaan destinasi wisata, setelah beberapa hari terakhir ini kasus Covid-19 sudah landai atau tidak ada temuan kasus baru.

“Kami telah mengusulkan beberapa destinasi wisata yang dilakukan uji coba dibuka untuk umum kepada ke Kemenparekraf dan Pemprov Jatim,” ungkap Kabid Pengembangan Wisata Disbudpar Tulungagung, Aris Wahyudiono, ketika dikonfirmasi afederasi.com, Rabu (10/11/2021).

Pria yang akrab disapa Aris ini mengungkapkan, salah satu destinasi wisata yang diusulkan adalah Pantai Gemah yang terletak di Desa Keboireng Kecamatan Besuki.

Menurutnya, usulan itu, bukan tanpa alasan. Pasalnya, Pantai Gemah saat ini yang sudah dilalui proyek Jalur Lintas Selatan (JLS).

“Yang sudah masuk itu Pantai Gemah, karena di sana ada Proyek itu (red-JLS) dengan pertimbangan tersebut, makanya kami ajukan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Aris menambahkan, meski pihaknya telah mengajukan uji coba pembukaan wisata, hingga kini belum ada jawaban dari Kemenparekraf maupun Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga  Uji Coba Pembukaan Lokasi Wisata Gunung Kelud, Dongkrak Perekonomian Pedagang

“Tapi masih belum ada tanggapan uji coba Pantai Gemah, kalau untuk bioskop Golden kemarin diperbolehkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Tulungagung, Abdulah Ali Munib menuturkan, bahwa uji coba pembukaan destinasi wisata harus segera dilakukan.

Menurutnya, pembukaan destinasi wisata nantinya dapat menumbuhkan geliat perekonomian masyarakat.

“Di daerah lain, wisata sudah boleh dibuka. Perhitungannya ekonomi sudah sangat lemah,” tuturnya.

Kendati demikian, Abdulah Ali Munib menegaskan, sebelum uji coba pembukaan wisata. Target vaksinasi harus segera diselesaikan.

“Vaksinasi harus dilakukan, untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Dan, jika nantinya dilakukan uji coba pembukaan, pengelola wisata, maupun pengunjung harus menerapkan Prokes dengan ketat,” pungkasnya. (rra/dn)

News Feed