oleh

Kunjungan Wisatawan Menurun 50 Persen

Trenggalek, (afederasi.com) – Puluhan obyek wisata yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek resmi dibuka. Kendati demikian jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan cukup signifikan.

Penurunan jumlah pengunjung, juga terjadi di lokasi wisata pantai Prigi, Kecamatan Watulimo. Di tempat wisata pantai Karanggongso sendiri, mengalami penurunan hingga sekitar 50 persen.

Hal itu disampaikan Hery Purwanto selaku kordinator wisata pantai Karanggongso, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Selasa (11/8/2020).

Dijelaskan, selama pandemi Covid-19. Seluruh obyek wisata di Trenggalek ditutup total. Kemudian setelah news normal, pada Jumat (10/7/2020). 14 destinasi wisata telah remi dibuka oleh Bupati Trenggalek  namun tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Memang setelah dibuka, obyek wisata khususnya di pantai Karanggongso sangat ramai pengunjung. Meski banyak wisatawan yang datang, namun tetap mengalami penurunan. Bahkan penurunannya hingga sampai sekitar 50 persen,” terangnya.

Mayoritas, lanjut Hery, rata-rata pengunjung atau wisatawan yang datang berasal dari luar wilayah. Perbandingannya untuk lokal sekitar 20 pesen, sedangkan luar kabupaten sekitar 30 persen.

Baca Juga  Tiga Langkah Mitigasi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata

” Seperti biasa, puncak pengunjung itu terjadi pada hari Sabtu dan Minggu atau hari liburan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tambah Hery, pihaknya telah memberlakukan kebijakan wajib memakai masker. Selain itu, juga menyediakan tempat cuci tangan.

” Kami akan melakukan tindakan tegas, apabila ada pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Jika kedapatan pengunjung tidak memakai masker, maka akan kita suruh balik,” pungkasnya. (par/am)

News Feed