Minggu, 17 Oktober 2021, 22:29 WIB

Bupati Rini Syarifah dan Menteri Sandiaga Uno Lepas Penyu di Pantai Serang

Blitar, (afederasi.com)  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja (kunker) ke pantai Serang di  Desa Wisata Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Sabtu (16/10/20210).

Salah satu agendanya melepas anak penyu atau tukit ke laut bebas yang didampingi Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah.

Menurut Rini Syarifah, kedatangan Menparekraf ini menjadi stimulus untuk menjadikan Blitar menjadi daya tarik wisata. Sehingga kedepannya diharapkan sektor pariwisata bisa berkembang secara maksimal dan bisa menambah PAD.

” Dalam kesempatan ini saya berterima kasih kepada menteri yang bisa hadir disini dalam rangka menninjau tempat wisata serang yang juga masuk dalam nominasi desa wisata,” ujar Mak Rini.

Sebagai salah satu pengembangan potensi wisata yang bisa dimanfaatkan  oleh masyarakat, Sandiaga memberi mesin pompa air sekaligus toren air untuk konservasi penyu atau tukik.

“Pompa ini diharapkan bisa membantu untuk konservasi tukik, jadi tidak perlu ditimba lagi dengan ember atau gayung,” katanya.

Lanju Sandiaga, salah satu keberlangsungan ekosistem laut adalah dengan pelestarian mahluk laut.

Baca Juga  BUMDES di Lamongan Sulit Daftarkan Badan Hukum, Ini Penjelasan Dinas PMD

Seperti yang dilakukan warga Desa Wisata Serang, yang menjadikan desanya sebagai lokasi konaervasi tukik atau bayi penyu. Konservasi penyu selain menjadi daya tarik wisata melainkan juga menciptakan lapangan kerja dimana masyarakat bisa diberdayakan. 

“Jadi apapun potensinya manfaatkan dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat semuanya,” tukasnya. 

Pengelola desa Serang mengakui, sejauh ini walaupun masih kurang dukungan dalam hal pembinaan dan sarana prasarana karena selama ini pengisian air laut untuk tukik masih menggunakan ember dan gayung. Masyarakat tetap melakukan konservasi tukik guna pelestarian ekosiatem laut. (adv/ang/am)

News Feed