oleh

Buat Gudang Penampungan Batu, BPCB Jatim Temukan Struktur Baru Sekitar Candi Mirigambar

Tulungagung, (afederasi.com) – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali menemukan struktur baru berbentuk pondasi, disela – sela peninjauan rencana pemugaran Candi Mirigambar yang terletak di Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jum’at (19/2/2021) lalu.

Kepala BPCB Jawa Timur Zakaria Kasimin mengatakan, awal mula kegiatan tersebut hanya bertujuan menangani Candi Mirigambar yang mulai kehilangan kestabilan karena struktur tanah yang bergeser. Namun, di sisi lain ketika akan membuat gudang penampungan batu untuk meletakkan sekumpulan batu yang melekat di Candi Mirigambar saat itu juga ditemukan struktur berbentuk pondasi.

“Tadinya pihak kami hanya akan menangani Candi Mirigambar. Namun, ketika bongkar-bongkar kami bermaksud membuat gudang penampungan batu, pada saat yang sama kami justru menemukan pondasi yang diduga merupakan struktur pondasi bangunan. Oleh sebab itu, kami akan melakukan ekskavasi,” katanya.

Disamping itu, Zakaria juga mengungkapkan terkait pemugaran Candi Mirigambar dan proses ekskavasi struktur baru tersebut bisa dilakukan secara beriringan.

“Sebenarnya proses pemugaran dan ekskavasi bisa dilakukan beriringan, seperti yang kami lakukan di Karawang karena hasil tersebut untuk tahun depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zakaria menuturkan bahwa pekerjaan pemugaran tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus mendata perlapis batu, ketinggian lapis batu kemudian dibongkar dan harus kembali seperti sebelumnya.

“Kesulitan dari pekerjaan ini yakni, mendata perlapis batu, harus ditulis, sebelumnya kami harus tahu ketinggian perlapis batu yang benar asli itu yang kami dokumentasikan, kemudian batu itu harus kembali ke tempatnya. Oleh sebab itu, pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarangan,” tuturnya.

Tim Pemugaran Tekno Arkeologi Sumarianto menambahkan, penemuan struktur baru tersebut belum cukup jelas. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan penggalian lebih lanjut agar dapat mengetahui lebih detail terkait struktur tersebut.

“Struktur tersebut ada kaitannya dengan Candi Mirigambar hanya saja belum cukup jelas. Entah itu berupa pagar atau bentuk lain, nanti kami bongkar dan gali lagi supaya dapat disimpulkan wujud dari struktur tersebut,” pungkasnya.(rra/dn)

News Feed