oleh

REBAHAN : “Waktunya Produktif di Masa Pandemi”

Oleh : Nanda Nuzul Wakhidah

Terhitung sudah berapa bulan nih? Ya apalagi kalau bukan #dirumahsaja karena pandemi ini yaitu masuk bulan ke 9 terhitung sejak bulan maret virus corona mulai menggegerkan umat manusia seluruh dunia. Semua instansi terpaksa dihentikan kecuali instansi yang masih sangat penting semisal dari bidag kesehatan dan juga komunikasi. Ini dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin merambah luas ke negara kita gais.. Fyi, terhitung hari ini tanggal 18 Desember 2020 jumlah kasus mencapai 644.000 orang yang terkena virus corona ini.

Sudah hampir setahun ternyata dan kalian masih gini-gini aja nungguin virus ini hilang dari muka bumi. Dan hampir satu tahun ini kalian masih suka rebahan? Apakah kalian tidak lelah rebahan terus? Apakah tidak pusing? Dikutip dari kompas.com saat ada berita trending dari twitter tagar #MasihRebahan, kebanyakan rebahan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan yaitu nyeri punggung bagian bawah, meningkatkan stress dan kecemasan, depresi, dan penyakit kardiovaskular. Lemak semakin menumpuk karena tidak pernah bergerak untuk berolahraga dan badan tentu semakin melebar. Itu bukanlah idaman kalian para wanita. Yuk mulai sekarang mencoba bangun dari kasur, dan melihat dunia luar yang lebih segar daripada kamar mu itu.

Dimasa pandemic seperti ini kebiasaan bercocok tanam banyak dilakukan oleh beberapa kalangan. Kalian yang dari kalangan remaja bisa juga tuh inovasi juga renovasi di rumah kalian.

Mencoba menanam buah contohnya atau sayur-sayuran, lumayan jika mau masak kalian tidak perlu capek-capek belanja kalian punya tanaman sayur sendiri. Seperti halnya buah, meskipun tumbuhnya buah bakal lama tapi setidaknya kalian punya tanaman yang bisa membuat rumah kalian menjadi lebih sejuk. Tau sendiri kan, daun sama batang yang ada di pohon itu bisa menyerap gas dan komponen berbahaya semacam polusi di udara lalu megeluarkan oksigen, sehingga kita bisa mendapatkan udara yang segar.
Maka dari itu banyak-banyak menanam pohon di rumah, lalu jika pohonnya sudah mulai besar dan daunnya banyak jangan lupa menyapunya juga. Jangan Mager (males gerak), selain pohon berbuah dan sayur-sayuran ada yang lebih seru yaitu menanam bunga. Ada banyak macam jenis bunga. Lalu yang cukup viral di masa pandemic ini adalah bunga jenis sukulen dimana bunga ini sering ditaruh di dalam ruangan untuk hiasan ruang tamu atau meja belajar agar terlihat aesthetic atau bisa untuk koleksi di pekarangan rumah.

Sukulen juga banyak jenisnya, untuk mereka para penggemar sukulen sangat rajin sekali membeli untuk koleksi ditaman rumahnya. Bunga jenis sukulen ini memang susah susah gampang dalam perawatannya. Ada mereka pemula yang gagal dalam merawat sukulen karena busuk atau kering karena terbakar ada juga yang tekun dan berhasil merawatnya sampai tumbuh besar sampai muncul anakannya. Ini akan menyenangkan karena ada tantangannya, ketimbang memilih rebahan yang membuat kepala pusing dan tidak lupa di uneni mami (dimarah-marahin ibu) karena kebanyakan rebahan dan kemudian kalau rebahan dimana letak tantangannya, nggak seru banget.

Jika kalian pemula kalian bisa memulai menanam bunga yang mudah-mudah dahulu seperti halnya bunga krokot. Bunga ini mudah ditanam, dan tahan akan cuaca hujan ataupun saat musim kemarau datang. Bagaimana bisa mudah ditanam, karena dengan sekali memotel batangnya saja kemudian ditanam di media 2-3 hari akar akan keluar dengan sendirinya. Selain mudah untuk ditanam bungan krokot ini juga banyak variasi warnanya dan juga terlihat indah karena daunnya yang unik seperti duri tapi tidak tajam sama sekali, yang ini akan membantu menghiasi pekarangan atau halaman kalian. Dan jika kalian sudah berhasil menanam tanaman krokot ini hingga tumbuh rimbun, maka jiwa menanam kalian akan tumbuh. Kalian akan keluar dan mencari toko bunga untuk dijadikan koleksi. Karena dengan kalian mencoba bercocok tanam dan itu berhasil kalian akan merasa ketagihan untuk mencoba menananm jenis bunga yang lainnya.

Selain bercocok tanam kalian juga bisa bereksplorasi mecoba memasak berbagai jenis makanan. Kalau kalian suka makan camilan, cobalah membuat camilan terkini yang sempat viral. Mencoba kuliner yang spicy itu juga bisa di coba bagi kalian yang menyukai pedas. Jadi bisa stok makanan yang pedas di rumah. Kalian yang belum cukup pandai dalam hal memasak bisa membuka tutorial di Youtube, karena di Youtube kalian akan banyak sekali mendapatkan tips-tips dan video cara memasak jenis masakan apapun yang kalian inginkan. Yang sebelumnya kalian tidak bisa masak apa-apa jadi jago karena kalian mau mencoba, Anggap saja iseng-iseng tapi berhadiah.

Dimasa pademi seperti ini selain kalian bisa pandai memasak kalian juga menuangkan ide kreativitas kalian di dapur. Seperti memanfaatkan bahan seadanya yang berada di dapur karena jika mau keluar rumah kalian masih harus berhati-hari dan tidak lupa mematuhi dengan protokol kesehatan. Selamat berkreasi untuk kalian yang suka tidak ada kerjaan. Oke gaiss selamat mencoba!

News Feed