oleh

Karantina di Rumah? Nikmatin aja

Corona atau Covid-19 membawa dampak yang begitu besar bagi aspek-aspek kehidupan. Dampak tersebut mempengaruhi berbagai bidang; ekonomi,sosial, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. Apalagi, dengan diberlakukanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang merupakan salah satu program pemerintah dalam upayanya menangani wabah pandemi yang telah memakan ribuan korban ini.

Pemerintah pun tak tinggal diam, berbagai upaya segera ditangani semenjak mulai terkonfirmasinya WNI yang positif Corona. Mulai dari penutupan penerbangan internasional, lockdown, dan karantina wilayah yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan pasien positif Covid-19 ini. Menjalani karantina memanglah membosankan bagi kebanyakan orang, apalagi belum terbiasa akan karantina yang mana benar-benar membatasi ruang komunikasi dalam menjalankan perannya sebagai makhluk sosial. Namun, ada banyak hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dalam menghadapi karantina ini.

1. Menghemat pengeluaran rumah tangga

Sebelum Covid-19 datang, banyak dari kebanyakan masyarakat yang berwisata keberbagai daerah yang tentunya menyebabkan banyaknya pengeluaran yang terjadi. Berbeda dengan diadakanya karantina dirumah, dimana masyarakat harus bertahan pada situasi yang mana tidak diperbolehkan untuk pergi kemanapun kecuali dalam kondisi darurat, banyak pula mall-mall yang tutup karena wabah ini. Apabila diambil pelajaran, maka akan menghadirkan rasa syukur dimana kita tidak bisa mengeluarkan uang sebanya-banyaknya seperti sebelum terdampak wabah.

Baca Juga  Ranperda Perubahan Tak Kunjung Disahkan, Ini Kata Ketua Dewan

2. Memperpanjang waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta

Dibatasinya masyarakat akan bepergian kemana pun, menambah waktu yang semakin lama berada didalam rumah. Ini merupakan suatu anugerah tersendiri bagi para orang tua  yang seharian di kantor, yang tak kunjung memiliki waktu yang panjang bersama anak-anak. Maka, dari karantina wilayah ini dapat menambah keharmonisan dalam keluarga.

3. Mempermudah pelaksanaan suatu acara

Ya, dalam menghadapi karantina wilayah ini akhirnya dipergunakanlah aplikasi-aplikasi yang mempermudah suatu kelompok dalam menghadiri rapat. Banyak sekarang dari warga atau masyarakat yang akhirnya menggunakan aplikasi online untuk menunjang berlangsungnya suatu acara. Maka, hal ini perlu disyukuri karena kita tidak perlu pergi ketempat acara, cukup stand by didepan laptop atau hp dan kita bisa mengikuti acara dengan baik.

News Feed