Senin, 15 Maret 2021, 14:23 WIB

Jurusan Manajemen Dakwah Meraih 16 HAKI dan Segudang Prestasi Mahasiswa

Tulungagung, 12 Maret 2021 Jurusan Manajemen Dakwah meraih puluhan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan segudang prestasi yang diperoleh mahasiswa. Hingga bulan Maret 2021 ini, telah tercatat total 16 HAKI yang telah diraih oleh dosen dan mahasiswa pada jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung. HAKI adalah surat pencatatan ciptaan yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual sebagi bukti otentik atas hak cipta seseorang, hak cipta tersebut berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi.

Wakil Dekan II (Dr. H. Nur Kholis, M.Ag) menegaskan bahwa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah telah membantu pengurusan dan pembayaran HAKI guna meningkatkan prestasi dosen dan mahasiswa di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pihak Fakultas bekerjasama LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) telah berhasil mengantarkan dosen dan mahasiswa pada jurusan Manajeman Dakwah guna memperoleh HAKI total sejumlah 16 Judul karya ilmiah; berupa cipta lagu, buku dan artikel ilmiah.

Baca Juga  Lindungi Kaum Intelektual dari Corona, DPD Nasdem Semprot Kampus

Wakil Dekan III (Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag) juga ikut bangga dan menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk dosen dan mahasiswa yang telah meraih segudang prestasi baik internasional maupun nasional. Salah satu dari mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah yang memperoleh prestasi Juara I sebagai penulis terbaik tingkat Internasional adalah Yongki Pradana NIM 12311193035, ia berhasil menyusun artikel ilmiah dalam prosiding yang terindeks scopus dan telah dimuat pada link https://eudl.eu/proceedings/ICLSSE/2020.

Bpk Dekan (Dr. A. Rizqon Khamami, Lc., MA.) menyatakan bahwa salah satu dari karya HAKI terfavorit dan viral di kalangan mahasiswa adalah Lagu Mars Manajemen Dakwah yang diciptakan oleh Dr. Ois yang menjabat sebagai Kajur Manajemen dengan nomor pencatatan HAKI 000138423 dan telah dilaunching pada tanggal 1 Maret 2019, di kampus dakwah dan peradaban, IAIN Tulungagung. Mars tersebut wajib dihafalkan oleh setiap mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah, terlebih bagi mahasiswa baru.
Mars Manajemen Dakwah tiap tahun juga dilombakan dengan memperebutkan Piala Dekan. Lomba tersebut bertujuan untuk memilih Video Mars terbaik dari hasil karya mahasiswa.

Baca Juga  IAIN Bidik Tiga Lokasi untuk Pembangunan Gedung Perkuliahan Baru

Selanjutnya karya-karya mahasiswa yang menang akan diupload di link youtube milik jurusan Manajeman Dakwah. Salah satu Juara I lomba karya cipta video mars manajeman dakwah diraih oleh tim Faizal, Imam, Mardhitah dan Novi yang telah diupload pada link https://www.youtube.com/watch?v=JQBdKAxgZis.

Menurut Bobby Rachman Santoso, M.S.I., direktur PSKD (Pusat Studi Kader Dakwah) IAIN Tulungagung bahwa prestasi mahasiswa yang terus meningkat tidak lepas dari dukungan dana peningkatan prestasi dari pihak Dekanat dan hasil bimbingan para dosen pada jurusan Manajeman Dakwah. Motto perjuangan jurusan Manajeman Dakwah adalah optimis, ikhlas dan solidaritas.

Di samping itu jurusan juga mengembangkan Tri Pilar Dakwah; dakwah orasi, dakwah literasi dan dakwah seni sedangkan prestasi mahasiswa yang diraih pada bidang literasi antara lain: M. Nuh Ulul Azmi Juara III Nasional penulis artikel ilmiah yang diselenggarakan oleh P2B UIN MATARAM Tahun 2020. Adapun M. Ainul Habib Al-Anshori menjadi Juara I Nasional penulis artikel ilmiah yang diselenggarakan oleh ESTEC III 2020. Disusul oleh Sella Putri Rahayu sebagai Juara II Nasional penulis artikel ilmiah yang diselenggarakan oleh ESTEC III 2020. Selanjutnya M. Machrus Zaman Juara I LKTI pada National Essay Competition 2020 dan Akhmad Shofi Amrozi menjadi juara I LKTI pada Lomba Essay Matadewa 2020.

Baca Juga  Ribuan Peserta Bakal Berebut 18 Formasi CASN di UIN SATU Tulungagung

Sementara itu karya kolaborasi dosen dalam bidang artikel ilmiah yang berjudul Inspirational Dawah For Millennial Generation: Study At Iain Tulungagung telah berhasil meraih Juara III Nasional. Penghargaan itu diberikan oleh UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta kepada Dr. Ois, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, M.Pd dan Muhamad Asngad Rudisunhaji, M.S.I yang telah berhasil menulis artikel Sinta 3 pada jurnal Manajemen dakwah dan telah dimuat pada link http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/view/1718. Pemenang tersebut memperoleh hadiah uang tunai 3 juta rupiah, sertifikat dan SK pemenang dari panitia lomba. (ois/AF)

News Feed