oleh

Atasi Kecemasan Mahasiswa Terdampak Pandemi, Tim PKM Dosen Psikologi UNESA Ciptakan Musik Terapi

Pandemi Covid-19 seiring berjalannya waktu, korban dari pandemi ini semakin bertambah. Untuk mengurangi perluasan pandemi Covid-19, Pemerintah menghimbau kepada seluruh institusi pendidikan untuk mengganti sistem pembelajaran menjadi sistem pembelajaran daring. Persebaran jumlah kasus Covid-19 yang cepat, perubahan seperti menipisnya stok hand sanityzer dan obat-obatan, serta maraknya berita dan hoaks mengenai Covid-19 yang bermunculan dapat menimbulkan kecemasan pada masyarakat termasuk pada mahasiswa.  Kecemasan yang terjadi berpengaruh pada kondisi fisiologis dan psikologis sehingga menurunkan imun tubuh. Sedangkan untuk menangkal virus Covid-19 yang dibutuhkan adalah kekebalan tubuh yang baik. Mahasiswa membutuhkan cara untuk mengatasi kecemasan disituasi pandemi agar imun tubuh tidak menurun. Kecemasan pada mahasiswa dapat diatasi dengan musik 8 D.

Pada tanggal 3 Agustus 2020 Tim PKM dosen Psikologi UNESA yang terdiri dari Dr. Miftakhul Jannah, M.Si., Psikolog., Dra. Hermien Laksmiwati, M.Psi., Nurchayati, S.Psi., M.A., Ph.D., Dr. Damajanti Kusuma Dewi, M.Si., dan Ira Darmawanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Mengadakan kegiatan Terapi mendengarkan musik 8-D untuk menghilangkan kecemasan pada mahasiswa Unesa yang terdampak pandemi covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa UNESA. Kegiatan dilakukan secara online pada tanggal 3 Agustus 2020 sampai 10 September 2020 yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi 1 pada tanggal 3 Agustus 2020 – 6 Agustus 2020, mahasiswa mendengarkan musik instrument. Dan sesi 2 pada tanggal 7 September 2020 – 10 September 2020, mahasiswa mendengarkan musik alam.

Dr. Miftakhul Jannah, M.Si., Psikolog. selaku ketua PKM mengatakan, mahasiswa Unesa yang tersebar dari seluruh wilayah berkesempatan mendengarkan musik ini sebagai bentuk terapi di tengah kondisi pandemi. Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, mahasiswa diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai musik 8D berikut cara penerapan musiknya. Selanjutnya, mahasiswa akan mendengarkan musik tersebut melalui headset.

Baca Juga  Ribuan Mahasiswa IAIN Tulungagung Terima Bantuan Kuota Gratis

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta. Silviatus Sholikha, salah satu mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan, selain itu mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Peserta lain yaitu Ratna Rama Danti mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan pengetahuan baru mengenai kecemasan dan musik 8D.

News Feed