oleh

Yes-Bro Komitmen Jadikan Makam Jaka Tingkir Ikon Wisata Budaya

Lamongan, (afederasi.com) – Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Yuhronur Efendi-Abdul Rouf berkomitmen akan menjadikan Makam Mbah Anggungboyo atau yang dikenal dengan Makam Jaka Tingkir menjadi ikon wisata budaya.

Hal tersebut diungkapakan paslon yang dikenal dengan sebutan Yes-Bro saat berziarah di makam keramat yang terletak di Desa Pringgoboyo Kecamatan Maduran, Jum’at (9/10/2020).

“Kami (Yes-Bro, rd) berkomitmen akan menjadikan Makam Jaka Tingkir menjadi monumen dan cagar budaya,” kata Yuhronur Efendi disela-sela kegiatannya.

Pria yang akrab disapa pak Yes ini juga mengaku sering melakukan ziarah ke makam apabila Persela akan melakoni kompetisi Liga 1.

“Saya sering datang kesini bersama Laskar Joko Tingkir, Kita ziarah kesini untuk mendapatkan spirit atau semangat kepahlawanan jaka tingkir yakni spirit dalam mengalahkan lawan Persela. Ini juga saya merasakan jejak kejayaan dan spirit kemenangan yang luar biasa disini,” kata Yuhronur Efendi didampingi para relawan usai berziarah makam Jaka Tingkir, Jumat (9/10/2020).

Pria yang juga CEO Tim sepak bola Persela Lamongan ini juga berkomitmen akan memperbaiki makam jaka tingkir, salah satunya dengan menjadikannya sebagai icon wisata budaya. Dia mengatakan akan memperindah arsitektur yang ada, sehingga peziarah dapat nyaman untuk berziarah.

Baca Juga  Banyak Ditemukan Arca dan Benda Kuno, Pemdes Gandusari Bakal Lakukan Evakuasi

“Joko Tingkir ini terkait sekali dengan Lamongan. Lamongan juga terkait sekali dengan jaka tingkir, ke depan saya ingin tempat ini menjadi icon wisata budaya dan tempat yang sangat bagus bagi peziarah untuk bisa datang dan berziarah dengan nyaman, untuk itu kita perbaiki tempat ini dengan arsitektur yang lebih baik,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Budayawan Lamongan, Priyo saat mendampingi Yuhronur. Dia mengungkapkan bahwa banyak budayawan menginginkan makam jaka tingkir menjadi cagar budaya yang dilestarikan.

“Kalangan budayawan berharap agar makam jaka tingkir dilestarikan dan dikembangkan, minimal masyarakat mengenal tentang sosok kepahlawanan jaka tingkir dan bisa dibuatkan semacam monumen jaka tingkir disini,” terangnya

Perlu dikatahui, dalam Pilkada Lamongan yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, Yuhronur Efendi maju menjadi Cabup didampingi Cawabup KH Abdul Rouf. Keduanya diusung oleh 7 Partai koalisi dengan 31 kursi DPRD Lamongan, diantaranya adalah Partai Demokrat (9 kursi), PAN (7 kursi), Golkar (6 kursi), Gerindra (4 kursi), PPP (3 kursi), Perindo (1 kursi) dan Hanura (1 kursi). (ra/yp)

News Feed