oleh

Wajah Baru Form Perhitungan Surat Suara Pilkada 2020

Kediri, (afederasi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kediri menyatakan ada perubahan terkait dengan form penghitungan surat suara dalam pilkada Kabupaten Kediri. Form tersebut di gunakan untuk mempermudah hasil rekapitulasi setelah proses pencoblosan.

Angota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori mengatakan, nantinya form perhitungan surat suara akan memakai sistem scan barcode QR code. Selanjutnya, hasil hitunganya menggunakan scan otomatis.

“Jadi tidak manual seperti pemilu sebelumnya,” imbuhnya, Rabu (07/10/2020)

Selain memakai scan lanjut Anwar Ansori, nantinya form tersebut juga mamakai sistem penebalan pada bulatan angka. Dengan hanya menebalkan kolom yang ada pada jumlah suara yang masuk pada bulatan angka, seperti layaknya menebalkan jawaban pada lembar jawaban komputer.

“Untuk lembar jawaban akan dilingkari pakai pensil hitam, semisal masuk 4 suara, jadi yang dihitamkan yang lingkaran 4,” tuturnya.

Pria alumni IAIN Kediri itu menuturkan bahwasanya penyederhanaan ini terkait dengan kemudahan dalam perekapan.

“Agar lebih praktis dan simpel, nantinya bisa lebih cepat dan hasilnya juga akurat, jadi kalau dulu situng jadi dokumen, sekarang otomatis,”imbuhnya.

Baca Juga  Update, Empat Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Meski begitu, form ini masih belum resmi digunakan. Menurutnyam pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU pusat untuk rilisnya.

“Untuk formnya sudah masuk ke KPU Kabupaten Kediri, masih nunggu keputusan resmi dari pusat, soalnya ini masih belum resmi masih dikaji lagi, nantinya akan ada perubahan lagi atau tidak,” imbuhnya.

Sementara itu, tahapan pilkada Kabupaten Kediri sampai saat ini masih dalam tahap perekapan daftar pemilih pada tingkat kecamatan hingga nanti tanggal 9 Oktober 2020. Sebelumnya sudah dilaksanakan pada tanggal 4,5,6 Oktober 2020 lalu. (isa/yp)

News Feed