oleh

Tinggal PDIP Belum Kirim Nama Pimpinan DPRD, Ini Alasanya

Sodiq Purnomo (tengah) bersama Sumarsono dan Susilowati

Tulungagung (Afederasi.com) –  Pembentukan alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur belum terbentuk. Pasalnya DPRD yang berlamat di Jl RA Kartini belum mempunyai pimpinan DPRD definitif. Hanya PDIP yang belum mengirim nama calon pimpinan.

“Kami juga menunggu keputusan dari DPP PDIP,”tegas Sekretaris DPC PDIP Tulungagung, Sodiq Purnomo.

Menurutnya DPC PDIP sudah mengusulkan tiga nama menjadi calon pimpinan. Mereka adalah Supriyono (ketua DPRD sementara), Sumarsono (Bendahara DPC) dan Susilowati (Ketua DPC). Dari tiga nama itu, DPP akan memilih satu nama untuk diusulkan menjadi ketua DPRD karena partai berlambang kepala banteng moncong putih mendapat suara terbanyak pada pemilihan legislatif 2019 ini.

Informasi yang dihimpun afederasi.com, parpol yang mendapat jatah kursi pimpinan DPRD, selain PDIP juga PKB, Golkar dan Gerindra. Dari PKB Adib Makarim, Partai Gerindra Bahrudin dan Partai Golkar Asmungi. Hingga Senin (9/9/2019) siang, nama-nama tiga pimpinan DPRD non PDIP sudah masuk DPRD.

Baca Juga  DPRD Minta Pengisian JTP Gunakan Sistem Merit

“Jika nama-nama pimpinan sudah masuk DPRD akan diusulkan ke gubernur untuk dimintakan surat keputusan (SK),”terang Adib Makarim.

Adib Makarim yang menjabat sebagai ketua DPC PKB mengatakan setelah pimpinan DPRD definitif sudah terbentuk. Maka tugasnya berikuatnya membentuk alat kelangkapan DPRD. Alat kelengkapan DPRD meliputi badan musyawarah (banmus), komisi-komisi, bedan pembentukan peraturan daerah, badan anggaran, badan kehormatan. Disamping itu juga panitia pemilihan (panlih) pemilihan wakil bupati.

“Panlih era anggota DPRD 2014-2019 secara otomatis bubar. Kita bentuk lagi pasca pelantikan DPRD periode yang baru,”jelas Adib Makarim. (am)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed