Selasa, 9 April 2019, 14:05 WIB

Propam Polres Tulungagung Tarik 7 Senpi

Afederasi.com – Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Tulungagung, Jawa Timur melakukan pemeriksaan terhadap seluruh senjata api (senpi) milik para anggota polri, Selasa (09/04/2019) pagi. Hasil pemeriksaan, tercatat 7 senpi telah ditarik karena ijin kepemilikan yang telah habis.

“Pemeriksaan senpi ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan, untuk meningkatkan ke disiplinan para anggota polri,” Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar melalui Kasi Propam Ipda Jatmiko kepada Afederasi.com.

Lebih lanjut, Jatmiko menuturkan tercatat ada sekitar 271 senpi yang harus dilakukan pemeriksaan. Adapun pemeriksaan meliputi tingkat kebersihan senpi itu sendiri, apakah berkarat atau tidak. Sebab, ketika senpi itu kotor atau berkarat cukup riskan ketika digunakan. Serta jumlah amunisi juga harus dilaporkan.

“Dari hasil pemeriksaan, kita tarik 7 senpi. Karena ijin kepemilikannya habis,” ujarnya.

Bagi anggota yang senpinya ditarik dan masih ingin memegang senpi lanjut Jatmiko, maka mereka harus mengajukan permohonan lagi yang kemudian harus mengikuti serangkain tes seperti tes psikologi, tes menembak, dan menyerahkan surat persetujuan pihak keluarga. “Prosedurnya sama dengan pemohon baru. Namun untuk pemohon baru minimal harus berpangkat Brigadir,” jelasnya. Jatmiko menambahkan, pemeriksaan senpi ini hanya kusus untuk senpi jenis laras pendek yakni tipe CPPS, Ivbatel, Taurus II, Barel, dan Cops yang umum digunakan anggota saat berdinas. Dalam satu tahun pemeriksaan senpi dilaksanakan secara rutin minimal dua kali. Namun, pemeriksaan kali ini dilakukan karena mendekati Pemilu 2019. “Ini untuk mengecek kesiapan petugas, dalam pengamanan Pemilu 2019. Guna menciptakan kamtibmas,” pungkasnya. (dra)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed