oleh

Pasca Putusan MK Pilbup Banyuwangi, DPC Projo : Tinggal Selangkah Sambut Bupati dan Wakil Bupati

Banyuwangi, (afederasi.com) – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Pro Jokowi (Projo) Banyuwangi, mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam menyelesaikan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah tahun 2020.

Pasangan calon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah tinggal menunggu waktu sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Senin (15/2/2021).

Persidangan yang disiarkan langsung melalui saluran Youtube MK, membacakan putusan menolak permohonan yang di ajukan pasangan calon Yusuf Widyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy atas hasil pemilihan Bupati dan wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020.

Dalam putusan nomor 87/PHP.UP-XIX/2021. Mahkamah tidak melanjutkan permohonan.
“Tinggal menunggu pelantikan, pasangan Ipuk dan Sugirah menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi,” kata ketua DPC Projo Banyuwangi, Rudi Hartono Latief, ketika dikonfirmasi afederasi.com, Selasa, (16/2/2021).

Dalam proses tersebut, tambah dia, ini merupakan kemenangan seluruh rakyat Banyuwangi. Setelah melewati beberapa tahapan dalam menentukan bakal pemimpin kabupaten paling timur Pulau Jawa ini, tak dapat dipungkiri  sedikit gesekan dan beda pilihan itu hal lumrah. Namun, setelah putusan ini sudah waktunya rakyat bersatu tidak ada lagi kubu-kubuan, memihak sana, atau memihak sini.

Baca Juga  Syukuran Terlantiknya Bupati dan Wakil Bupati H. Surya- Taufik Zainal AS

“Semoga dengan apa yang dibacakan oleh MK, yang menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima. Membuat semua pihak bisa legowo dan menerima dengan lapang dada,” harapnya.

Melihat hasil dari rekapitulasi yang di lakukan oleh KPU Banyuwangi yang ditetapkan pada tanggal (17/12/2020) rincian hasil perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi masing masing pasangan calon adalah, pasangan calon nomor urut 1 Yusuf-Riza mendapat suara 398.113.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah unggul dengan memperoleh suara sebanyak 438.874. (ron/dn)

News Feed