oleh

Pasangan Yes-Bro Terima Form B1-KWK, Pasangan Karsa Menunggu

Lamongan, (afederasi.com) – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf (Yes-Bro), dan pasangan Kartika Hidayati-Sa’im (Karsa) sudah hampir dipastikan bakal bertarung dalam Pilkada Lamongan Desember mendatang. Sebab, keduanya dipastikan telah mengantongi rekomendasi dari koalisi parpol pengusung dan pendukung masing-masing.

Yes-Bro sudah menerima sejumlah formulir model B1-KWK Parpol atau SK rekomendasi pencalonan dari Parpol yang bermaterai, serta ditanda tangani oleh Ketua Umum dan Sekjen.

Formulir ini sebagai syarat utama pasangan calon (paslon) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan Pilkada serentak 2020.

Pasangan Yes-Bro sebagai Bacabup-dan Cawabup dalam Pilkada Lamongan yang diusung dan didukung 7 partai. Yakni PAN, PPP, Golkar, Demokrat, Hanura, Perindo, Golkar dan Gerindra. YES-BRO telah menerima B1 KWK Parpol tersebut.

“Partai Demokrat sudah menyerahkan Form B1-KWK itu dan diterima langsung pasangan Yes-Bro,” kata Debby Kurniawan, Ketua DPC Demokrat Lamongan, Sabtu (29/8/2020).

Hal senada juga dikatakan Ketua DPC PPP Lamongan Naim. Ia mengatakan bahwa form B1-KWK dari PPP juga sudah diterimakan kepada Yuhronur Effendi.

Baca Juga  Menuju New Normal, Bupati Fadeli : Kedisiplinan Masyarakat Sangat Penting

“Form B1-KWK diserahkan langsung Ketua DPW PPP, KH Musyafa Noor kepada Yuhrohnur Efendi di kantor DPW PPP Jatim,” ungkap Naim.

Disisi lain untuk pasangan Kartika Hidayati dan Sa’im (Karsa) dari PDIP dipastikan dan akan diberikan serentak bersamaan dengan ke-271 Calon kepala daerah se-Indonesia.

“B1-KWK Parpol adalah wewenang ketua Umum PDI Perjuangan. Rencananya diberikan serentak tanggal 4 September pukul 01.00 WIB. Dan ini marwah partai tidak jual sapi, kalau jual sapi beda, ditarik bisa,” urainya.

Sedangkan PKB akan memberikan form B1-KWK kepada pasangan Karsa pada 30 Agustus nanti sesudah paslon dibaiat pengurus DPW PKB.

“Formulir diberikan sesudah paslon dibaiat,” kata Makin Abbas Sekretaris Dewan Syuro PKB Jawa Timur ketika di konfirmasi awak media lewat pesan singkat Whatshap.

Tepisah Komisi Pemilian Umum (KPU) Lamongan mengingatkan pada pasangan  bakal calon bupati  (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) yang akan mendaftarkan diri untuk berkontestasi di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan mendatang harus dilengkapi  Form B1-KWK.

Baca Juga  Sempat Kejar-kejaran, Pelaku Curanmor Akhirnya Ditangkap Warga, Begini kronologisnya

Ketua KPU Lamongan Makhrus Ali melalui Devisi Teknis Penyelenggaraan Ahmad Shohib mengatakan, hal tersebut sesuai dengan PKPU yang menyebutkan pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang diusung partai politik (parpol) atau koalisi parpol dilengkapi form B1-KWK.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 3894/PL.02.2-Kp/06/KPU/VIII/2020 yang harus mencamtukam form B1-KWK atau rekomendasi parpol yang subtansinya form B1-KWK dari parpol yang ditandatangai Ketua Umum dan Sekjen DPP Parpol pengusung.

“Dalam hal terdapat perbedaan formulir B1-KWK parpol yang diserahkan ke bakal calon pasangan dengan yang tercantum dalam peraturan KPU tentang Pencalonan Pemilihan dapat diterima sepanjang subtansinya sesuai dengan formulir model B1-KWK”  kata Ahmad Shohib Sabtu (29/8/2020).

Shohib menjelaskan, pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon wakil Bupati Lamongan dari Parpol dalam Pilkada Lamongan yang digelar pada Bulan Desember 2020 sendiri akan dimulai pada tanggal 4 hingga 6 September mendatang.

“Maka bakal calon atau partai pengusung harus menyiapkan syarat-syaratnya sesuai aturan,” tandasnya. (ra/yp).

News Feed