oleh

Panitia Pemilihan Wakil Bupati Terbentuk, Siapa Saja Anggotanya

Suasana rapat paripurna pengumuman panlih wakil bupati di gedung DPRD (deny/afederasi.com)

Tulungagung, (Afederasi.com)Kabupaten Tulungagung bakal segera memiliki wakil bupati yang mendampingin Bupati Maryoto Birowo periode 2018-2023. Hal itu terlihat dalam rapat paripurna DPRD pada  (23/11/2019) lalu. Panitia pemilihan (panlih) pemilihan wakil bupati sudah terbentuk.

“Anggotanya sebanyak 15 orang,”ujar ketua panlih, Suprapto kemarin.

Menurut Buyung panggilan akrab Suprapto susunan panlih itu terdiri dari ketua Suprapto sendiri, wakil ketua Adib Makarim (F-PKB), sekretaris Imam Khoirudin (PAN) dan sisanya sebagai anggota, yaitu Sumarsono, Susilowati, Agung Darmanto dari F-PDIP, Andrianto (PKS), Asmungi (F-Golkar), Heri Sofyan (Demokrat), Imam Sapingi dan Bahrudin (F-Gerindra), Imam Kambali (Hanura), Imam Aqoib (PAN) dan Gandi Wardoyo (Nasdem).

“Anggota panlih diambil dari fraksi secara proporsional,”tegas politisi asal PDIP itu.

Dijelaskan panlih akan mulai bekerja awal Desember mendatang. Panlih akan membahas peraturan tentang pemilihan wakil bupati secara inten, mulai dari persyaratan, tata cara pemilihan dan lain sebagainya. Semua tahapan pemilihan wakil bupati akan dibahas secara tuntas.

Baca Juga  Inilah Empat Kader PDIP Diusulkan Calon Wakil Bupati Kota Marmer

“Kami targetkan Januari 2020 sudah rampung,”jelas Buyung.

Wakil bupati akan dipilih oleh 50 anggota DPRD. Mekanisme itu dilakukan karena bupati terpilih Syahri Mulyo terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK sebelum pemilihan akhir 2018 silam. Meski ditahan KPK untuk proses penyidikan. Pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo memenangi pesta demokrasi dengan lawan tunggal Margiono-Eko Prisdianto.

Untuk mengisi kekosongan jabatan bupati. Wakil Bupati Maryoto Birowo diangkat menjadi Plt bupati menjalankan tugas pemerintahan menggantikan Syahri Mulyo. Selanjutkan Maryoto juga mantan sekretaris daerah itu ditetapkan menjadi bupati. Sedangkan wakilnya kosong.

Pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo diberangkatkan oleh PDIP dan Nasdem. Oleh karena itu, calon wakil bupati yang akan dipilih harus mengantongi rekomendasi dari PDIP dan Nasdem.

Sebanyak 11 bakal calon wakil bupati yang ikut penjaringan lewat PDIP. Mereka adalah Suharminto (Wakil Ketua bidang organisasi DPC PDIP), Islandri (Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP),  Wiwik Triasmoro (Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDIP), Sodik Purnomo (Sekretaris DPC PDI P Tulungagung), Gatut Sunu (Pengusaha), dan Saleh Mukadar (Mantan Ketua Umum Persebaya), Permadi (Akademisi), Tatang Suhartono (assiten bupati), Agus Santoso (Camat Pucanglaban), Bambang Agus Susetyo (Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur) dan Mohamad Soleh (Kepala Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. (am)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed