oleh

KPU Tunggu Surat Resmi Dari DPRD, Terkait Mekanisme PAW

Ketua KPU Tulungagung, Jawa Timur, Mustofa

Tulungagung, (Afederasi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Jawa Timur masih menunggu surat resmi pemberitahuan adanya anggota dewan yang meninggal dari DPRD Tulungagung. Hal ini terkait pelaksanaan mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

“Kalau melihat mekanismenya, DPRD akan menununggu terlebih dahulu surat pemberitahuan dari partai yang bersangkutan (PBB), kemudian pemberitahuan diteruskan kepada pihak KPU,” ungkap Ketua KPU Tulungagung, Jawa Timur, Mustofa ketika dikonfirmasi, Afederasi.com, Rabu (04/09/2019).

Menurut Mustofa, setelah pihak KPU menerima surat resmi dari DPRD terkait pemberitahuan tersebut. Ada waktu sekitar lima hari, untuk melakukan penelitian administrasi sekaligus melakukan verifikasi terhadap data siapa calon pengganti anggota dewan yang meninggal tersebut (Makin).

“Untuk melakukan verifikasi data dan penelitian administrasi itu waktu yang diberikan hanya lima hari setelah surat diterima dari DPRD,” jelasnya.

Kemudian hasil penelitian dan verifikasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada DPRD. Ini sesuai dengan PKPU nomor 6/2019 tentang perubahan kedua pergantian antar waktu (PAW).

Dalam pemilihan legislatif 2019 – 2024 ini, Makin kembali terpilih untuk duduk di kursi legislatif periode kedua. Dia berangkat dari Partai Bulan Bintang (PBB) di daerah pemilihan (Dapil) V yang meliputi lima kecamatan diantaranya Kecamatan Kauman, Pagerwojo, Sendang, Karangrejo dan Gondang dengan total perolehan suara sebanyak 7.204 suara.

Adapun calon pengganti nantinya yaitu Riska Wahyu Nurfitasari yang menduduki peringkat kedua setelah Makin. Dengan perolehan suara sebanyak 926 suara, dari daerah pemilihan (dapil) V Tulungagung.

Masih menurut Mustofa, ketika dalam proses verifikasi dan penelitian, seandainya ada tanggapan maupun informasi dari masyarakat, nantinya dalam waktu lima hari itu akan dimanfaatkan untuk dilakukannya klarifikasi terhadap calon penggantinya. “Untuk proses pelantikannya nanti tetap kita serahkan ke dewan,” tambahnya. (an)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed