oleh

Jumlah Pemilih di Pilkada Kediri Diprediksi Meningkat

Kediri, (afederasi.com) – Jumlah pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Kediri diprediksi mengalami kenaikan. Pasalnya, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat masih melakukan tahap perekapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Berdasarkan data yang masuk ke KPU hingga Rabu (7/10/2020), masih 1.234.918 orang. Namun data tersebut masih sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan belum tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada saat pemilu 2019 yang lalu, DPT yang masuk ke KPU Kediri tercatat ada 1.226.382 orang. Artinya ada penambahan sekitar 0,69 persen atau 8 ribu pemilih.

“Peningkatan itu terjadi karena ada pemilih pemula,” ungkap anggota Devisi Perencanaan Data dan Informasi Kabupaten Kediri Eka Wisnu Wardhana kepada afederasi.com.

Eka menambahkan, bahwa pada pemilihan kali ini, KPU Kediri masih dalam tahap perekapan data DPSHP. Untuk perekapan data pada tingkat desa sudah dilaksanakan pada tanggal 4,5,6 Oktober 2020. Nantinya, pada tanggal 7,8,9 Oktober 2020 akan dilanjutkan perekapan pada tingkat kecamatan.

“Perekapan data ini, agar bisa menyempurnakan data pemilih. Kita sempurnakan lagi, apakah ada pemilih yang meninggal ataupun pemilih yang sudah pindah keluar daerah. Jadi, nanti, antara tanggal 10 sampai 16 Oktober, DPS akan ditetapkan menjadi DPT yang final,” ungkapnya.

Baca Juga  Tenggelam di Sungai Song, Dua Anak Ditemukan Tewas

Setelah KPU menetapkan DPT yang final lanjut Eko, pihaknya tidak akan ada lagi penetapan data tambahan lagi. Jikalau ada kekeliruan dalam jumlahnya, hanya dicoret di tempat tanpa mengganti jumlah DPT yang ada. (is/yp)

News Feed