oleh

Istri Kadindik Pemprov Jatim Gantikan Bacawabup Jalur Independen TMS

Lamongan, (afederasi.com) – Astiti Suwarni, istri dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Wachid Wahyudi akhirnya resmi menggantikan posisi Muhammad Suudin sebagai bakal calon wakil bupati (bacawabup) jalur independen.

Hal ini dipastikan setelah pasangan dari bacabup Suhandoyo tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan pasca menjalani tes kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Tim pemenangan pasangan bacabup dan bacawabup dari jalur independen tersebut langsung mendaftarkan Astiti Suwarni ke KPU Lamongan. Ia menggantikan Muhammad Suudin sebagai bacawabup untuk mendampingi Bacabup Suhandoyo dalam Pilkada Desember mendatang.

“Semoga penggantian calon wakil bupati ini akan memberi semangat dan energi baru semua tim dan relawan untuk memenangkan kami di Pilkada mendatang,” kata Suhandoyo kepada afederasi.com saat gelar pres rilis di Aulau Wego, Rabu (16/9/2020) siang.

Suhandoyo mengatakan, Astiti Suwarni merupakan simbul keterwakilan perempuan dalam pesta demokrasi yang hasilnya adalah demi kemajuan Lamongan ke depan.

“Ibu Astiti Suwarni juga dapat dikatakan sebagai wakil dari Lamongan Utara,” sambungnya.

Baca Juga  Khofifah Curhat ke Jokowi Soal Rendahnya Tingkat Kepatuhan Masyarakat

Terpisah Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali mengatakan, setelah dilakukan pergantian nama bakal calon wakil bupati, selanjutnya adalah pemeriksaan berkas dan pemeriksaan kesehatan.

“Setelah pemeriksaan persyaratan dan pemeriksaan kesehatan, tahapan berikutnya adalah penetapan calon pada tanggal 23 September dan penggundian nomer urut pada tanggal 24 mendatang”  ungkap Mahrus Ali.

Mahrus panggilan Mahrus Ali menegaskan, pergantian bacawabup sesuai dengan PKPU Nomor 1 tahun 2020, pasal 78,79,80 dan 81 dan Undang-undang 10 Tahun 2016.

“Maksimal tanggal 22 September nama yang menggantikan harus sudah memenuhi syarat. Selanjutnya tanggal 23 September ditetapkan menjadi pasangan calon dan tanggal 24 pengundian nomor urut,” pungkasnya. (ra/yp)

News Feed