oleh

Instruksi DPP PDIP, DPC Harus Setor 3 Nama Terkait Wakil Bupati

Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Susilowati

Tulungagung, (afederasi.com)– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Tulungagung, Selasa (10/09/2019) menindaklanjuti intruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, terkait kekosongan jabatan Wakil Bupati Tulungagung, dengan menggelar rapat internal partai terkait mekanisme penjaringan calon wakil bupati (cawabup).

“Harini kita gelar rapat, nanti hasil dari rapat mekanisme penjaringan itu bagaimana nanti kita sampaikan,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Susilowati, Selasa (10/09/2019).

Surat dari DPP PDI Perjuangan tertanggal 9 September 2019, nomor 647 /IN/DPP/IX/2019 perihal intruksi terkait kekosongan jabatan Wakil Bupati Tulungagung, itu ditujukan kepada DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur dan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung.

Dalam surat tersebut diintruksikan kepada DPD dan DPC untuk segera melakukan penjaringan cawabup Tulungagung yang memenuhi syarat – syarat dan kriteria sebagaimana peraturan partai nomor 24 tahun 2017.

Nama – nama hasil penjaringan diusulkan kepada DPP partai maksimal tiga orang, dan laporan usulan nama calon wabup Tulungagung disertai dengan biodata lengkap yang diterima oleh DPP partai selambat – lambatnya satu minggu setelah surat dari DPP diterbitkan.

Baca Juga  Camat Kalidawir Yoyok Daftar AG 2 Lewat DPP PDIP, Ini Alasanya

“Kalau petunjuk dari DPP itu sudah ada, dalam bentuk peraturan partai. Namun, terkait mekanisme ya masih kita rapatkan, apakah nanti penjaringan dilakukan secara tertutup atau terbuka,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Tulungagung, Sodik ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Menurut Sodik, penjaringan pengisian kekosongan wabup ini tidaklah sama dengan mekanisme penjaringan ketika pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lalu. Dalam penjarigan ini, untuk peran DPP dan DPD itu lebih dominan. Yang artinya pihak DPC hanya sebatas mengusulkan nama untuk diserahkan kepada DPD dan DPP.

“Akan tetapi itu masih kita mau bicarakan, dengan kawan – kawan DPC Tulungagung,” jelasnya. (an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed