oleh

Inilah Nama-nama Pimpinan DPRD Kota Marmer

Ketua DPC PKB, Adib Makarim (tiga dari kiri) ketika rapat di gedung DPRD Jl RA Kartini kemarin  

Tulungagung, (Afederasi.com) – Akhirnya pimpinan DPRD Kabupaten Tulungagung sudah lengkap hingga hari ini. Itu setelah DPC PDIP mengirim nama calon ketua DPRD periode 2019-2024, Marsono.

“Usulan nama pimpinan DPRD dari PDIP baru masuk ke sekretariatan dewan hari ini,”tegas Adib Makarim, calon pimpinan DPRD definitif dari PKB.

Sebenarnya menurut Adib Makarim  tiga nama pimpinan DPRD sudah dikirim sejak beberapa minggu lalu, yaitu fraksi PKB Adib Makarim, fraksi Gerindra Bahrudin dan fraksi Golkar Asmungi. Pimpinan DPRD tersebut belum bisa dimintakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur karena fraksi PDIP belum mengirim nama.

Mantan komisioner  KPU menjelaskan jika PDIP belum mengirim nama calon pimpinan dewan. Pimpinan dewan sementara bisa mengirim nama-nama pimpinan ke gubernur. Itu berdasarkan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri nomor 170/5028/OTDA tertanggal 6 September 2019.

Surat yang ditandatangani direktur jendral otonomi daerah menegaskan dalam point 3 bahwa pimpinan DPRD sementara kabupaten/kota dapat memproses usulan calon pimpinan definitive tanpa menunggu semua parpol yang memiliki hak mengisi kursi pimpinan DPRD kabupaten dan kota untuk mengajukan pimpinan DPRD definitif, dengan ketentuan sudah ada usulan satu nama pimpinan dewan definitif, sehingga usulan calon pimpinan definitif lainya dapat diusulkan setelah adanya usulan dari parpol sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Baca Juga  Tanpa Alasan yang Jelas, Anak Bakar Rumah Orang Tua

“Pimpinan DPRD akan dimintakan SK Gubernur besok,”papar Adib Makarim.

Adib memaparkan setelah pimpinan DPRD sudah definitif. Langkah selanjutnya akan membentuk alat kelengkapan dewan, seperti badan anggaran (Banggar), komisi-komisi, badan musayarah Bbanmus), badan pembentukan peraturan daerah dan badan kehormatan. Selain itu juga membentuk penitia pemilihan wakil bupati. (am)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed