oleh

Dorong Kaum Milenial Cinta Pertanian, KarSa Bakal Buka Kursus Pertanian

Lamongan, (afederasi.com) – Bakal calon bupati dan wakil bupati Kartika Hidayati-Saim berencana akan memberdayakan generasi milenial di Lamongan untuk kembali cinta dengan dunia pertanian. Terlebih, sumber penghasilan utama Kota Soto 40 persen dari sektor pertanian dan perikanan .

“Untuk mendorong kaum milenial cinta pertanian, kami bakal membuka kursus pertanian,” kata Kartika Hidayati seusai mengikuti panen bersama di Desa Manyar Kecamatan Sekaran, Rabu (16/9/2020) sore.

Kartika melanjutkan, kursus pertanian tersebut akan mendatangkan mentor ahli pertanian seperti profesor pertanian dan sebagainya. Sehingga generasi millenial yang lulus sekolah langsung mendapat semacam ijazah yang siap berperan menjadi ahli pertanian di wilayahnya masing masing.

“Kontribusi pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 39 trilyun lebih, atau sebesar 33,86 persen, dan sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja terbesar di Kabupaten Lamongan,” bebernya.

Kartika mengungkapkan, potensi yang besar ini berbanding terbalik dengan tingkat kesejahteraan petani dalam 5 tahun terakhir produktifitas pertanian menurun. Hal ini disebabkan karena minimnya investasi dalam sektor pertanian, baik untuk infrastruktur pertanian maupun peningkatan sumberdaya buruh tani dan pertanian di Lamongan.

Baca Juga  Pilbup Trenggalek, Ini Tahapan Setelah Tes Kesehatan Tuntas

“Untuk itu kami berkomitmen mensejahterahkan petani,” ucapnya

Sementara itu bakal calon wakil Bupati Saim menambahkan, Ia akan memperbaiki sistem irigasi atau pengairan yang selama ini menjadi ancaman serius bagi petani. Selain itu juga solusi hama tikus dan wereng juga akan menjadi prioritas program KarSa.

“Jadi kami ingin di setiap kecamatan nantinya ada ekskavator untuk memperlancar aliran sungai dan perbaikan saluran irigasi. Sehingga masalah kekeringan dan banjir bisa teratasi. Sudah kami estimasi 1 eskavator harganya sekitar Rp. 1,4 Milyar, tinggal kalikan saja 27 kecamatan. Dan saat ini sudah ada 15 unit ekskavator,” tegas pria yang juga Ketua DPC PDIP Lamongan ini.

Ditempat yang sama, Ketua JAMMAS Benu menyatakan bahwa JAMMAS bersama Gerbang Tani siap memberikan support dan dukungan terhadap kemenangan dan kepemimpinan pasangan Karsa di Lamongan.

“Acara penen raya ini merupakan tonggak kebangkitan petani Kabupaten Lamongan serta momentum deklarasi orientasi baru  pertanian bersama Karsa di Kabupaten Lamongan, pungkasnya. (ra/yp).

News Feed