oleh

Digantung PKB, Demokrat Resmi Dukung Karna-Khairani

Situbondo, (afederasi.com) – Terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Situbondo, Partai Demokrat Merasa digantung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai besutan mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) ini akhirnya membelot dan merapatkan barisan ke pasangan Karna Suswandi dan Khoirani.

Hal itu terungkap, saat pengurus DPC Partai Demokrat Situbondo, Hadi Prianto menggelar pres release di Kantor DPC, Jumat (28/8/2020). Hadi menegaskan, jika dari rangkaian proses politik, akhirnya DPP Demokrat menerbitkan rekomendasi untuk pasangan yang juga diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

“Sesuai SKP DPP jika Pilkada di Situbondo Partai Demokrat sudah memutuskan untuk mendukung pasangan Karna Suswandi dan Nyai Hj Khoirani. Untuk itu kami mohon doa restu masyarakat Situbondo,” jelasnya.

Masih menurut Hadi, Partai Demokrat sebenarnya sudah membangun komunikasi politik sejak awal dengan PKB, namun tidak ada jawaban hingga akhirnya DPP Partai Demokrat memutuskan sendiri.

“Kami tetap menjaga komunikasi politik dengan PKB, tetapi kami juga tidak mau digantung, dan DPP meminta kami segera mengambil sikap. Akhirnya Pak Karna bersama pengurus langsung bertemu ketua umum dan terbitlah SK tersebut,” beber Hadi.

Baca Juga  Tiga Warga Binaan Rutan Situbondo Terpapar Corona

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat, Janur Sasra Ananda, juga membenarkan jika pihaknya sejak awal sudah berkomunikan dengan PKB, mulai dari penawaran untuk menjadi wakil, bahkan ditindak lanjuti dengan surat koalisi, semuanya tidak ada tanggapan apapun.

“Kami santai saja menyikapinya, karena dari awal kami tetap berkomunikasi dengan etika yang baik. Saat melamar menjadi wakil kami berkirim surat, dan saat itu ditolak tetapi secara lisan, suray kedua berkaitan dengan koalisi sampai saat ini juga tidak ada balasan, baik lisan maupun per surat. Maka kami akhirnya bersikap sesuai perintah DPP, yaitu mendukung pasangan Karna dan Khoirani.

Seperti diketahui, DPC PKB Situbondo sudah bisa dipastikan akan menyandingkan pasangan Bacabup dan Bacawabup Yoyok Mulyadi dan Abu Bakar Abdi. Yoyok meruakan Wakil Bupati saat ini, sementara Abu Bakar Abdi diketahui adalah PNS aktif dan pernah menjabat disejumlah Dinas.

Sementara Karna Suswandi juga merupakan birokrat, dan diketahui pernah menjabat kepala sejumlah dinas, sementara Khoirani adalah mantan anggota DPRD Situbondo periode silam. (ari/am)

News Feed