oleh

Dewan Bakal Tertibkan Izin serta Pengelolaan Limbah Tambak Udang

Trenggalek, (afederasi.com) – Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Trenggalek bakal menertibkan izin serta pengolahan limbah tambak udang yang ada di pesisir pantai selatan Kabupaten Trenggalek.

Penertiban tersebut dalam arti bukan untuk mempersulit investor maupun pembudidaya tambak. Akan tetapi untuk melakukan penataan lingkungan dalam rangka pembahasan perubahan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Ketua Pansus I DPRD Trenggalek Sukarodin mengatakan, setelah melakukan cek langsung di lapangan ada kegiatan yang izinnya masih perlu diselesaikan.

Selain itu pihaknya bakal mencoba membuka diri agar para investor yang akan masuk di Trenggalek tidak enggan.

“Artinya, ini bukan mempersulit dan tidak ada persepsi dipersulit. Namun semua harus sesuai dengan aturan,” ungkapnya, Rabu (12/8/2020).

Dalam hal ini, lanjut Sukarodin, telah melakukan cek dan inventarisasi terkait izin yang terkendala. Semua disarankan untuk segera memproses izin serta kelengkapan lainnya.

Menurutnya dari hasil pengecekan, Pansus juga menemukan masalah yang krusial. Yakni adanya beberapa usaha tambak udang yang tanahnya masuk SHM, namun dalam peta RTRW masuk dalam lingkup perhutani.

Baca Juga  Dewan : Bakal Ajukan Penambahan Anggaran dan Tenaga Penunjang di Sektor Pariwisata

“Menyikapi hal itu, Pansus akan melanjutkan inventarisasi sebagai bahan untuk diusulkan dalam pembahasan,” terangnya.

Selain masalah izin dan lahan, tambah Sukarodin, disisi lain para pengusaha tambak udang juga harus memperhatikan tentang pengolahan limbahnya. Dengan demikian, maka perlu adanya penataan serta menertibkan.

“Kita tidak berarti ingin mempersulit, hanya saja perlu di tata dan di atur. Karena rata-rata lokasi tersebut berdekatan tempat wisata,” pungkasnya. (pb/dn)

News Feed