oleh

Ciptakan Pilkada Aman dan Sehat, Ini yang Dilakukan Tiga Pilar

Lamongan, (afederasi.com) – Jelang Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Lamongan, Tiga Pilar menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka menciptakan Sitkamtibmas, Jum’at (18/9/2020).

Selain dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), rakor tersebut juga mengundang tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (toma), hingga penyelenggara pilkada.

Kapolres Lamongan AKBP Harun mengatakan, Kabupaten Lamongan bakal menghadapi event besar pada Desember nanti, yakni pemilihan bupati dan wakil bupati. Untuk itu, pihaknya berharap pesta rakyat tersebut bisa berjalan dengan aman, damai, kondusif, dan sehat.

“Jangan sampai ada pandangan/persepsi yang deskriminatif, sehingga menyebabkan masyarakat kita beda pilihan bisa menjadi perpecahan. Utamakan luber dan jurdil,” pintanya.

Untuk itu dalam rakor ini lanjut Harun, masing-masing pihak bisa menyatukan persepsi, menjaga, menghindari perseteruan kompetisi yang kurang adil supaya bersatu menuju kebersamaan. Sehingga Pilkada Lamongan bisa berjalan aman kondusif,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menjelaskan, pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada sebelumnya karena bersamaan dengan pandemi Covid-19. Untuk itu, ia mengingatkan bagi peserta, dan penyelenggara pilkada juga memperhatikan protokol kesehatan setiap menjalani tahapan-tahapan pilkada.

Ditempat yang sama, Ketua PC NU Lamongan KH Supandi Awaludin mengajak seluruh elemen masyarakat dan organisasi untuk bersatu dalam menyukseskan pesta rakyat ini. Pihaknya juga mengingatkan agar semua pihak bisa bekerja sesuai tupoksi masing-masing.

“Masyarakat sudah sadar bagaimana sosialisasi setiap lima tahun ini bisa terwujud pilkada yang aman damai dan sehat,” katanya.

Selanjutnya, Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali menyampaikan bahwa setiap tahapan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah ini pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia juga memohon kepada Polres Lamongan, Kodim 0812 Lamongan, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat dalam Pilkada 2020 di Lamongan ini bisa berjalan aman dan sukses tergantung bagaimana memposisikan sebagai pemimpin di suatu organisasi.

“Saya berharap memohon agar lamongan ini bisa sukses menjalan demikrasi bisa berjalan aman damai dan sehat,” harapnya. (ra/yp)

News Feed