oleh

Anggota dan Pegawai KPU Jalani Test Swab

Surabaya (afederasi.com) – Komisioner dan pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menjalani test swab pada Jum’at (11/9/2020). Hal ini sengaja dilakukan untuk memastikan penyelenggara pemilu tersebut bebas Covid-19.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M Fikser mengatakan, bahwa Pemerintah telah melakukan swab tes kepada setengah dari jumlah keseluruhan anggota KPU.

“Jadi yang pertama untuk komisioner, sudah melakukan swab secara mandiri, sedangkan untuk seluruh petugas yang ada di sekertariat di KPU sekitar 46 orang,” katanya kepada afederasi.com Sabtu (12/9/2020).

Dari 46 orang itu lanjut Fikser, sebagian sudah dilakukan tes swab hari ini, sisanya akan dilakukan besoknya. Setelah itu, mereka harus menunggu hasil test swab dalam kurun waktu tiga hari. Baru kemudian mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Hasilnya menunggu sekitar dua atau tiga hari, karena data harus terkirim ke kementerian, provinsi, lalu ke pemkot,” ujarnya.

Namun, Fikser mengakui bahwasanya masih belum dapat memastikan kelanjutan Pilwali tahun ini apabila sampai ditemukan adanya anggota KPU Kota Surabaya yang terkonfirmasi positif dari pemeriksaan tersebut.

Baca Juga  Simpan Sabu di Bawah Pot Bunga, Warga Semampir Diamankan

“Kita belum sampi kesana, hingga saat ini tentunya akan ada diskusi dalam satuan satgas.  Jadi yang telah kita lakukan adalah melakukan swab kepada seluruh petugas yang ada di KPU Kota surabaya,” kata Fikser.

Kendati demikian, Pemkot Surabaya akan melakukan tracing jika ada anggota KPU yang positif, supaya dapat segera memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Namun yang harus dilakukan pastinya pemkot melakukan tracing, seperti yang dilakukan selama ini. untuk memutus rantai penyebaran covid itu,” paparnya.

Sebelumnya Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, bahwa dari 46 orang anggotanya, pada hari ini hanya ada dua petugas yang telah melakukan tes swab wajib tersebut.

“Total (anggota KPU Surabaya-red) kami ada 46 orang, dan yang ikut test swab, pada hari ini ada dua anggota. Kami belum memantau lagi perkembangannya, masih belum ada rekap,” ucap Nur.

Meski begitu, KPU Surabaya bakal melakukan test swab kepada seluruh petugas secara berkelanjutan setiap bulannya untuk memastikan bebas dari Covid-19..

“Semuanya akan kami lakukan swab secara berkala perbulan. Tidak hanya sekarang, mungkin bulan depan akan dilakukan swab lagi, ya kan program berkala,” pungkas Nur. (dwd/yp)

News Feed