oleh

Imbas Covid-19, Ribuan Mahasiswa Unisla KKN Dari Rumah

Lamongan, (afederasi.com) – Ribuan Mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari rumah (DR). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dilakukan lantaran Covid-19 masih mewabah.

“Saya kira tidak masalah KKN semester ini dilakukan dari rumah. Mahasiswa masih bisa meningkatkan ketrampilan dalam memecahkan suatu masalah  yang berkembang dalam masyarakat,” kata Rektor Unisla Bambang Eko.

Bambang menjelaskan, dalam program KKN dari rumah ini, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan mahasiswa. Pertama, mahasiswa diwajibkan membantu pemerintah dalam melaksanakan upaya memutus penyebaran dan pencegahan Covid-19 melalui desa/kelurahan, kecamatan masing-masing.

“Disini mahasiswa harus pro aktif memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Kedua lanjut Bambang, mahasiswa harus mampu melakukan identifikasi dari berbagai potensi dimasing-masing desa. Dari potensi-potensi yang ada nantinya dipilih beberapa desa disetiap kecamatan. Kemudian dijadikan satu ke dalam sebuah buku dan akan diterbitkan.

“Dengan adanya buku yang berbentuk soft maupun hard copy tersebut maka potensi Kabupaten Lamongan bisa diketahui oleh masyarakat luas dan dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan desa,” terangnya.

Baca Juga  GTPP Covid 19 Lamongan Launcing Dangdut Tangguh Semeru

Ketiga, dari potensi-potentsi yang ada ini nantinya ada hal-hal yang mungkin bisa dimohonkan ke dalam HaKI. Harapannya, jangan sampai ciri khas Lamongan sampai di akui kepemilikannya oleh warga asing.

“Ini penting, jangan sampai misalnya batik atau reog malah diakui milik negara lain,” imbuhnya.

Bambang mencontohkan, sekitar dua tahun yang lalu makam Joko Tingkir ini belum di-HaKI-kan. Padahal, kemana-mana sudah kita katakan Laskar Joko Tingkir dan sebagainya.

“Alhamdulillah saat KKN 2 tahun yang lalu kita sudah HaKI-kan,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan pantaun afederasi.com, sebelum terjun untuk melaksanakan KKN dari rumah, sebanyak 1114 mahasiswa peserta KKN Unisla mengikuti pembekalan yang dilakukan secara daring melalui zoom dan streaming YouTube. (ra/yp)

News Feed