oleh

Ini Yang Dilakukan Pelajar, Peringati World Clean Day

Beberapa pelajar mencabut paku pada sejumlah pohon yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Tulungagung, Jawa Timur

Tulungagung, (Afederasi.com) – Ratusan pelajar SMP, SMA serta sejumlah komunitas di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, melakukan aksi cabut paku yang tertancap pada pohon di sepanjang jalan protokol Kota Marmer, pada Jum’at (20/09/2019). Kegiatan tersebut untuk memperingati World Clean Day yang jatuh pada 21 September.

Berdasarkan pantaun afederasi.com, ratusan peserta berkumpul di Jl RA Kartini atau diseputaran taman alon-alon Tulungagung. Mereka tampak mengenakan pakaian olahraga serta membawa alat-alat kebersihan dan alat pertukangan seperti sapu, kantung sampah, tang, dan palu.

Setelah melakukan olahraga bersama, mereka langsung membersihkan berbagai macam sampah dan mencabuti paku yang tertancap di pohon.

Adapun rute kegiatan diawali dari Jl RA Kartini, Jl Ahmad Yani Timur, Jl Pangeran Antasari, Jl Adi Sucipto, Jl Basuki Rahmad, Jl Jaksa Agung Suprapto, dan finish kembali ke Jl RA Kartini lagi.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memperingati hari kebersihan dunia atau world clean day,” kata Ketua Forum Komunitas Hijau Karsi Nero.

Baca Juga  Sampah Rumah Tangga Penuhi Aliran Sungai Ngrowo (Pinka), Ini Jawaban DLH

Selain melibatkan komunitas peduli lingkungan lanjut Nero, aksi ini juga diikuti sekitar 400 orang yang terdiri dari pelajar, instansi pemerintah, dan aparat penegak hukum. Sasarannya yakni sampah-sampah yang ditemui di jalan serta paku-paku yang tertancap di pohon.

“Hasilnya cukup mengagetkan, kami berhasil mencabut ribuan paku dari pohon. Mungkin beratnya mencapai 20 kilogram,” imbuhnya.

Nero melanjutkan, paku-paku tersebut biasanya digunakan untuk memasang banner. Selain itu pihaknya juga berhasil mengangkut sampah lainnya berupa botol plastik yang ditemukan di jalan. Hal ini cukup memprihatinkan, sebab saat ini sampah-sampah sudah sampai ke desa-desa.

“Untuk mengatasi sampah harus dimulai dari diri sendiri. Minimal jangan membuang sampah sembarang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, political will  dari pemerintah sangat diharapkan bisa menyelamatkan lingkungan dari sampah yang semakin tidak terkendali.

“Pemerintah harus tegas dalam menangani sampah,” pungkasnya. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed