oleh

IAIN Tulungagung Bakal Gelar Wisuda Drive Thru

Tulungagung, (afederasi.com) – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir telah berdampak terhadap berbagai kegiatan yang tertunda bahkan batal digelar. Seperti halnya kegiatan di dunia pendidikan.

Banyak sejumlah universitas maupun sekolah tinggi yang membatalkan pelaksanaan wisuda, maupun menggantinya dengan menggelar wisuda secara online. Hal serupa juga dialami oleh Kampus IAIN Tulungagung pada musim pandemi seperti sekarang, Kampus Dakwah dan Peradaban ini akan melaksanakan wisuda secara Drive Thru. Lantas sistematikanya sendiri akan seperti apa?

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubbag Humas) IAIN Tulungagung, Ulil Abshor mengatakan untuk sistematika pelaksanaan wisuda secara Drive Thru, nantinya pihak kampus akan mengeluarkan pengumuman tambahan yang dapat diakses langsung di website kampus setelah tanggal 24 Oktober mendatang.

“Pengumuman tentang pelaksanaan wisuda tahun 2020 dapat diakses melalui website kampus IAIN,” ungkap Ulil Abshor, Jum’at (16/10/2020).

Ulil menuturkan sebelum adanya Pandemi kegiatan wisuda IAIN Tulungagung diadakan secara normal, wisudawan dan wali murid duduk dikursi pada sebuah forum. Namun, berbeda dengan pelaksanaan wisuda secara Drive Thru, ini nantinya para wisudawan menaiki kendaraan motor maupun mobil untuk menemui rektor. Setelah bertemu rektor, dan toga dipindahkan. Kemudian wisudawan diperkenankan meninggalkan lokasi kampus. 

Baca Juga  Mulai Besok, Ribuan Mahasiswa IAIN Belajar Jarak Jauh

“Wisudawan nantinya akan berjajar mengular dengan menaiki kendaraan, untuk dikukuhkan oleh Rektor,” imbuhnya.

Ulil menyatakan jika pelaksanaaan wisuda kali ini tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (prokes) sesuai dengan anjuran gugus Covid-19. Wisuda akan dilaksanakan pada pekan ke-2 atau ke-3 pada bulan November nanti.

“Pelaksanaannya sama seperti drive thru di kampus lain,” tambahnya.

Masih menurut Ulil, hingga saat ini mahasiswa yang sudah mendaftar ada sekitar 1300-an dan pihak kampus tetap menunggu konfirmasi mereka melalui https://bit.ly/keikutsertaanwisuda2020  yang sudah disediakan. Mahasiswa dari luar Jawa Timur (Jatim) diberi opsi untuk wisuda secara online.

“Ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan seusai pelaksanaan wisuda,” tandasnya.

Disinggung mengenai pelaksanaan yudisium Ulil mengatakan yudisium akan dilaksanakan oleh fakultas masing- masing. Fakultas pada saat ini masih mematangkan konsep yudisium. Entah nanti yudisium secara virtual ataupun langsung itu menjadi kebijakan dari fakultas masing- masing.

“Ditunggu saja kelanjutan infonya setelah 24 Oktober nanti,” pungkasnya. (er/dn)

News Feed