oleh

Atasi Kebosanan, Dispendikpora Gelar Perlombaan Tingkat SMP

Tulungagung, (afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung mulai memberikan treatmen kepada para pelajar tingkat SMP sederajat yang mulai bosan dengan belajar sistem daring.

Melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora), pemerintah bakal mengadakan perlombaan untuk mewadahi bakat, kreatifitas, dan memaksimalkan potensi serta prestasi siswa.

“Perlombaan yang kita siapkan yakni kepramukaan, olahraga meliputi bulutangkis, bola voli, dan basket, serta festival band,” kata Plt Kepala Dinas Dispendikpora Haryo Dewanto Wicaksono melalui Kepala Bidang (kabid) Pemuda dan Olahraga Suprayitno.

Suprayitno melanjutkan, kegiatan tersebut juga sudah disosialisasikan bersama seluruh Kepala Sekolah SMP/sederajat se-Tulungagung.

“Kami yakin tujuannya adalah baik. Sebab selama pandemi ini mereka (siswa-red) sudah mulai bosan dengan aktifitas belajar daring. Kasian kalau bakat dan minatnya tidak tersalurkan,” katanya kepada afederasi.com.

Prayitno menambahkan, dalam pengadaan lomba ini tentunya sudah mengantongi ijin dari pemerintahan sendiri, seperti ijin dari Bupati dan gugus tugas Covid-19. Pasalnya, untuk mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan sebaiknya untuk dihindari terlebih dahulu.

Baca Juga  Dewan Nilai Program Bantuan Seragam Gratis Tak Sesuai Harapan

“Untuk menghindari bertambahnya klaster covid, kami tidak membolehkan adanya suporter atau pendukung untuk cabor yang sedang tanding,” tegasnya.

Calon peserta yang nantinya ikut perlombaan harus sudah melakukan rapid tes di Puskesmas tempat tinggalnya masing-masing. Dan untuk biayanya semua ditanggung oleh pemerintah alias semua gratis.

Masih menurut Prayitno, untuk jadwal sudah ada dan nantinya akan dipublikasi melalui surat edaran yang ditunjukkan ke seluruh SMP/ sederajat se Kabupaten karena ada kemunduran jadwal dan perpanjangan waktu pendaftaran.

“Untuk pramuka dan festival band jadwalnya tetap, untuk ke 3 cabor mundur di bulan November,” imbuhnya.

Penghargaan yang diberikan oleh pihak Dinas berupa Trophy, piagam, dan uang pembinaan.

“Uang pembinaan juga sudah kami anggarkan, semoga kegiatannya berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (er/yp)

News Feed