oleh

Komisi III DPR RI Soroti Hakim dan Panitera Bermasalah di Jatim

Surabaya, (afederasi.com) – Komisi III DPR RI melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur (Jatim) sebagai bentuk pengawasan, Kamis (15/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, rombongan yang diketuai Adies Kadir tersebut sempat menyoroti data hakim dan panitera yang bermasalah, dan perkara menonjol.

“Kunjungan ini sebagai bentuk pengawasan Komisi III terhadap mitra kerja kami di Jatim,” kata politisi Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo Adies Kadir.

Setelah menggelar pertemuan lanjut Adies Kadir, pihaknya sempat meminta penjelasan kepada masing-masing pimpinan terkait penanganan perkara hukum.

Diantaranya, menyangkut data perkara yang menonjol di lingkungan Peradilan, mulai dilingkup Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, dan Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Provinsi Jawa Timur.

“Kita minta diuraikan semua. Termasuk penjelasan terkait data mengenai hakim dan panitera,” tegas Adies Kadir.

Adies Kadir mengatakan, pihaknya juga sempat menanyakan koordinasi yang selama ini dilaksanakan dengan Komisi Yudisial, dan pemantauan dalam rangka pemenuhan protokol kesehatan melalui penyelenggaraan sidang online.

“Tentu jika ada kendala atau hambatan akan mendapat perhatian,” imbuhnya.

Baca Juga  Tinggal Tiga Bulan, Penerimaan Pajak Daerah 2020 Masih Kurang Rp 100,6 Miliar

Usai melakukan kunjungan di PT Jatim lanjut Adies Kadir, rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Polda Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun afederasi.com, kedatangan rombongan yang berjumlah sekitar 25 orang tersebut disambut langsung oleh Kepala Pengadilan Tinggi Surabaya, Herri Swantoro. (al/yp)

News Feed