oleh

Pangdam V Brawijaya Hadiri Panen Raya di Desa Karangtinggil, Ini yang Disampaikan

Lamongan (afederasi.com) – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah mendorong agar produktivitas padi di Lamongan terus ditingkatkan. Pasalnya, Jawa Timur (Jatim) merupakan salah satu lumbung pangan terbesar yang mampu melayani 14 provinsi se-Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri panen raya di Desa Karangtinggil Kecamatan Pucuk pada Kamis (6/8/2020).

“Meski Lamongan sedang kemarau, hingga dilanda Covid-19 ternyata tidak menjadi penghalang untuk terus meningkatkan hasil produksi pertaniannya,” kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

Widodo mengungkapkan, dirinya juga mengapresiasi petani di Lamongan karena bisa menghasilkan padi sebanyak 8 ton dalam satu hektar tanah. Menurutnya, di daerah lain belum tentu bisa menghasilkan padi sebanyak itu.

“Ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut Widodo, pihaknya berharap capaian ini bisa terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Sebab, Jatim merupakan produsen lumbung pangan terbesar di Indonesia. Bahkan sejauh ini, Jatim mampu melayani 14 provinsi yang ada di Indonesia.

“Saat ini kita memang masih impor beras. Untuk itu, peliharalah lahan yang masih ada dan jangan ditelantarkan,” harapnya.

Baca Juga  Sosialisasikan Perilaku Sehat Melalui STBM

Sebelumnya, Kabupaten Lamogan telah menghasilkan padi sebesar 1.100 ribu ton, serta jagung sebanyak 623 ton. Hasil tersebut, menjadi acuan tersendiri bagi pemerintah setempat dalam upaya mendukung program ketahanan dan pangan nasional. (ra/yp)

News Feed