oleh

Jadi Tuan Rumah UN Habitat, Parade Kesenian Dilakukan Via Streaming

Surabaya, (afederasi.com) – Kota Surabaya menjadi tuan rumah United Nations Human Settlements Programme (UN Habitat) 2020. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, kali ini kegiatan parade kesenian dilakukan via streaming.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengungkapkan, bahwa acara parade kesenian yang dimulai pukul 18.00 WIB hari ini akan ditampilkan streaming di kanal Bangga Surabaya, Sapa Warga, UN Habitat dan Kementrian PUPR.

“Semua petugas dan para pegiat seni yang ada di acara tersebut sudah menjalani swab test dan tentunya ada pengetatan protokol kesehatan di Balai Kota Surabaya,” ungkap Febri saat diwawancarai afederasi.com di Balai Kota Surabaya, Senin (5/10/2020).

Febri mengungkapkan, untuk malam ini agendanya yakni pemberian penghargaan Scroll of Honour Winners yakni pada Kolombia, Malaysia, Nepal, Meksiko, Uganda serta penampilan kebudayaan tari Surabaya. Sedangkan acara untuk besok (6/10/2020) adalah seminar UN Habitat bersama dengan masyarakat luar negeri.

Menurutnya, Surabaya sendiri terpilih karena bisa menjadi percontohan yang berhasil dalam penataan kota, pemberdayaan kearifan lokal dan perkampungan.

Baca Juga  Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Dandim Ingatkan Kaum Milenial Soal Patriotisme dan Nasionalisme

“Nanti akan ada sekitar 10 sanggar tari yang akan melibatkan 100 penari. Untuk konsep parade tari ini adalah gabungan modern tradisional. Harapannya kita mempromosikan kota Surabaya, supaya saat pandemi selesai orang luar negeri tertarik untuk datang ke Surabaya,” terangnya.

Sebelumnya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa dari lima negara yang mendapat penghargaan, hanya dua yang bisa datang ke Kota Pahlawan, yakni Mexico dan Uganda. Sebab tiga negara lainnya masih lockdown dan bandara belum dibuka.

“Nanti akan kita ajak melihat kampung, rumah susun, taman-taman kota, naik perahu dan sebagainya. Kalau di Uganda kita ajak ke sungai yang ada di Kalimas. Terus ke Taman Harmoni. Malamnya kita hibur acara bagian dari parade seni nanti kita tampilkan virtual,” kata Risma.

Diketahui, Hari Habitat Dunia ini diperingati oleh seluruh negara anggota PBB setiap tahunnya. Tujuannya untuk membangun kesadaran dunia bahwa kita memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk membentuk masa depan kota. (dwd/yp)

News Feed