oleh

Antisipasi Internet Ngadat Saat Pelaksanaan UN Habitat Day 2020

Surabaya (afederasi.com) – UN Habitat Day 2020 yang diselenggarakan di Kota Pahlawan Surabaya menggantungkan penuh pada koneksi jaringan internet.

Untuk mengantisipasi gangguan saat kegiatan, Pemkot melalui Diskominfo bakal menyiapkan koneksi internet dengan kecepatan 200 X1 mbps dan 100 X1 mbps.

“Kita siapkan segitu, mengingat peserta seminar mencapai seribu orang dan peserta dari 193 negara lain yang mengakses lewat youtube kanal resmi UN Habitat,” kata Kadis Kominfo Surabaya M Fikser, Senin (5/10/2020).

Fikser mengungkapkan, selain itu seribu peserta tersebut akan livestreaming mulai dari kegiatan malam ini pada saat opening ceremony di Balai Kota Surabaya, lantaran para partisipan ini ingin melihat langsung bagaimana jalannya pembukaan di kota pahlawan.

“Ini kan juga merupakan agenda negara yang ditempatkan di Surabaya, sehingga kesiapan dari segi infrastruktur jaringan kita siapkan sebesar itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk agenda jalan-jalan ke beberapa kampung di Surabaya yang akan dilaksanakan besok. Partisipan juga terintegrasi dengan kanal UN Habitat melalui livestreaming. Rencananya, ada tujuh kampung yang akan didatangi, namun kunjungan ke kampung-kampung tersebut tergantung dari mau atau tidaknya partisipan.

Baca Juga  Sepi Job, Kuli Bangunan Edarkan Sabu

“Jadi kita udah siapkan tujuh kampung, tapi terserah pesertanya itu mereka mau atau tidak,” kata Fikser.

Menurutnya, Pemkot Surabaya telah menggandeng tiga provider yakni Telkom, Indosat dan Intidata guna menyediakan akses internet dengan fasilitas yang mereka miliki. Selain itu, simulasi sebelum hari H juga telah dilakukan beberapa kali. Semisal jaringan yang digunakan sedang ada masalah, jaringan lainnya akan siap back up.

“Seperti yang kita ketahui, ini tidak hanya membawa nama Surabaya namun juga negara, sehingga kita maksimal dalam persiapan semua akses virtual. Jadi yang menjadi topang utama adalah jaringan imternet, kami benar-benar perhatikan,” pungkas Fikser. (dwd/yp)

News Feed