oleh

Inilah Langkah-langkah Menjadi Advokad Handal

Ratusan calon advokad mengikuti Ujian Profesi Advokad yang digelar DPC Peradi Tulungagung di aula Universitas Tulungagung

Tulungagung (Afederasi.com) – Menjadi seorang advokad merupakan dambaan banyak mahasiswa jurusan hukum. Mereka harus melalui banyak tahapan. Hal itu diungkapkan oleh ketua DPC Peradi Tulungagung, Darusman.

Menurutnya salah satu tahapan yang dilalui adalah ujian profesi advokad (UPA). DPC Peradi Tulungagung sudah dipercaya untuk menggelar UPA seperti yang digelar pada Sabtu (31/08/2019) di aula Unita. Ujian tersebut diikuti oleh 108 peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota se Jawa Timur.  

“Tulungagung sudah menggelar UPA yang ke 6,”tegas Darusman.

Dijelaskan dalam UPA, DPC Peradi hanya sebagai penyelanggaran. Semua materi diserahkan kepada Dewan Pimpinan Nasional (DPN). DPN menunjuk pihak ketiga untuk soal pilihan ganda (multichoice). Sedangkan soal essay dari DPN sendiri. Materi pilihan ganda berisi tentang peradilan pidana, PTUN, perdata, perburuan, perindustrian dan agama. Sedangkan materi essay berupa membuat surat kuasa dan gugatan.

“Jika nilainya diatas 70 persen dipastikan lulus,”jelas Darusman.

Masih menurut Darusman calon advokad yang dinyatakan lulus UPA harus magang selama 2 tahun. Mereka mengikuti persidangan-persidangan baik perdata maupun pidana dan mambuat laporan. Laporan itu yang diakan dijadikan untuk mengikuti sumpah menjadi advokad. Sumpah advokad digelar oleh pengadilan tinggi di masing-masing wilayah. Jika mereka berasal dari Tulungagung dan sekitarnya. Pengambil sumpah adalah Pengadilan Tinggi Jawa Timur.

Yang terpenting menjadi advokad menurut Darusmkan bagaimana para advokad menangani kasus-kasus di pengadilan negeri, PTUN dan lain sebagainya. Supaya mereka terasah keilmuanya menghadapi problematika persidangan. Jangan hanya berbondong-bondong di pengadilan agama.

“Minimal 30 persen menangani perkara di pengadilan negeri,”pinta Darusman. (am)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed