Sabtu, 9 Oktober 2021, 21:56 WIB

Wabup Firjaun Barlaman: Percepat Program Jember Bangkit

Jember, (afederasi.com) – Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman menegaskan rancangan peraturan daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021 fokus pada program percepatan Jamber Bangkit.

Hal itu disampaikan pada rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar ranperda APBD-P di gedung DPRD, (8/10/2021).

“Percepatan menuju Jember bangkit menjadi tema utama APBD-P 2021 ini,”katanya.

Dijelaskan APBD-P diprioritaskan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada UMKM dan pertanian, mendorong konektivitas antar wilayah untuk pemerataan pembangunan dan mengurangi kemiskinan, meningkatkan pembangunan SDM, membangun pariwisata yang berbasis pada kearifan lokal dan kelestarian budaya, dan kelima memperkuat layanan infrastruktur untuk mendorong perekonomian daerah.

Selain itu, APBD-P untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan meningkatkan ketahanan bencana daerah dan membangun tatakelola pemerintahan yang baik dan berbasis teknologi.

Menurutnya APBD-P 2021 mengalami kontraksi penurunan pendapatan yang tajam, sangat mempengaruhi kemampuan fiskal di tahun anggaran 2021 ini. Untuk memastikan sasaran prioritas dapat mencapai outputnya sampai akhir batas waktu tahun anggaran, oleh karena itu dilakukan rasionalisasi belanja daerah, khususnya belanja operasi untuk barang dan jasa, belanja pegawai maupun belanja lainnya.

Baca Juga  Ambil Hikmah Covid-19 dan Bangkit Dari Keterpurukan

“Tujuanya menjaga performa APBD 2021 agar tetap terkendali serta mencerminkan optimisme dan kehati-hatian,”jelasnya

Wabup menambahkan APBD-P 2021 juga diprioritaskan pertama refokusing penanganan Pandemi Covid-19, kedua untuk menuntaskan program kegiatan yang dipastikan dapat tercapai output yang terukur dan berdampak langsung pada pelayanan publik, ketiga optimalisasi belanja modal sebagai daya dukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah di Kabupaten Jember, keempat belanja prioritas dan strategis yang berkelanjutan untuk kesiapan pelaksanaan program tahun 2022. (mul/am)

News Feed