oleh

Target Zona Hijau, Gratiskan Test Swab

Trenggalek, (afederasi.com) – Penguatan test swab untuk menuju zona hijau Covid-19 di Trenggalek terus digencarkan. Terbaru, pemerintah setempat memberlakukan test swab gratis bagi warganya di beberapa puskesmas. Langkah ini diambil untuk pemetaan sekaligus mempercepat penanganan apabila ada temuan terkonfirmasi positif.

“Saat ini kami sudah menyiapkan pelaksanaan swab test gratis di beberapa puskesmas untuk persiapan menuju zona hijau,” kata Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, Kamis (17/9/2020).

Pria yang akrab disapa Gus Ipin tersebut melanjutkan, Kabupaten Trenggalek saat ini masuk dalam zona kuning atau resiko penularan rendah. Dimana, tidak ada pasien positif covid di Trenggalek yang dirawat di rumah sakit.

“Kendati demikian, dari semua pasien yang ada, masih menjalani isolasi di asrama dan isolasi mandiri,” katanya.

Sedangkan untuk mencapai zona tersebut masih kata Arifin, jumlah orang yang tidak terpapar dan orang yang dites perbandingan prosentasinya harus sangat kecil.

“Untuk mencapai tujuan itu, Pemkab sudah melatih tenaga medis di Puskesmas,” ujarnya.

Gus Ipin mengungkapkan, petugas medis di puskesmas nanti akan digerakkan untuk melaksanakan tes swab gratis. Dengan melaksanakan metode tes swab gratis bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga  Risma Tuntaskan Persoalan Aset Tahun 1984 Senilai 121 Miliar

Sedangkan tujuan dari Swab Tes tersebut, agar semakin banyak yang di tes, maka akan semakin mudah untuk mengetahui apakah semakin besar atau semakin kecil resikonya.

“Kita juga telah mencabut kebijakan pembatasan wilayah yang dialihkan dengan penegekan disiplin wilayah sesuai dengan Instruksi Presiden RI No.6 Tahun 2020,” jelas pria yang maju dalam Pilgub Trenggalek tersebut.

Dalam upaya lain tambah Arifin, pihaknya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi terkait dengan pengoptimalan peran Baznas di Trenggalek.

Menurutnya, selama ini Baznas sudah berperan sebagai badan untuk menanggulangi kemiskinan dan selanjutnya harus mengentaskan kemiskinan.

“Dengan membangun solidaritas antar pengusaha muslim, memanfaatkan wakaf produktif, agar dapat membantu mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed