oleh

Peringati Hari Tani Nasional 2020, Ayo Manfaatkan Pekarangan jadi Lahan Produktif

Tulungagung, (afederasi.com) – Dalam peringatan Hari Tani Nasional 2020, Pemkab Tulungagung melalui Dinas Ketahanan Pangan dengan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan menjadi lahan produktif.

Kegiatan peringatan Hari Tani 2020 di Tulungagung ini digelar di kebun bibit pekarangan pangan lestari (P2L) Srikandi yang bertempat di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Ngantru, Kamis (24/9/2020).

Turut dihadiri oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Kadin Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (Jatim) Hadi Sulistyo dan Kepala DKP Tulungagung, Ir. Sigit Setyawan, MM.

Adapun inti dari acara tersebut adalah melakukan panen P2L se-Indonesia melalui video conference (vidcon) bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo megatakan, dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional telah dilakukan panen serentak P2L sebagai upaya menggalakan pangan dengan pemanfaatan pekarangan.

Dimana diketahui bersama, bahwa apabila pekarangan rumah dapat dimanfaatkan secara optimal, maka akan memberikan nilai tambah pada perekonomian warga. Selain itu sebagai jaring pengaman sosial (JPS) ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19

Baca Juga  Bupati Serahkan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019 ke DPRD

“Dengan memanfaatkan pekarangan menjadi sumber pangan, diharapkan dapat memberikan tambahan perekonomian bagi warga,” ungkapnya.

Menurut Maryoto, pertanian di Tulungagung termasuk dalam kategori bagus. Pasalnya menjadi lumbung pangan penyangga Jatim dan nasional.

“Untuk Kabupaten Tulungagung di sektor pertanian sudah sangat bagus, apalagi selama ini menjadi penyangga pangan Jatim dan nasional,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Ir. Sigit Setyawan, MM menjelaskan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan produktif ini bertujuan untuk menambah pendapatan warga, khusunya bagi ibu-ibu rumah tangga.

Melalui pemanfaatan pekarangan, diharapkan warga bisa mendapatkan bahan pangan yang higienis, membantu menompang perekonomian dan mengurangi beban belanja.

“Tentu dengan pemanfaatan pekarangan, diharapkan banyak dampak positifnya bagi warga,” paparnya.

Menurutnya, hingga kini pemanfaatan pekarangan untuk menjadi lahan pangan sudah ada sekitar 120 kelompok dan program ini sudah berjalan sejak 2010 lalu. Untuk saat ini ada empat lokasi yang tengah diajukan guna mendapatkan bantuan dari pemerintahan pusat.

“Selain berfungsi untuk pangan, pemanfaatan pekarangan juga bisa digunakan untuk wisata edukasi. Semoga di Tulungagung bisa menjadi percontohan pemanfaatan pekarangan,” ujarnya.

Baca Juga  DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tulungagung Tahun 2019

Sigit menambahkan, dalam momentum Hari Tani Nasional 2020, dia berharap semoga petani selalu mendapatkan support dari pemerintah melalui kebijakannya.

“Dengan support dari pemerintah para petani tidak selalu terpuruk. Kendati ditengah pandemi Covid-19, harga pangan sangat jatuh akibat tidak stabilnya ekonomi,” pungkasnya. (dn)

News Feed