oleh

Penggelolaan Tumpukan Sampah, Begini Cara Pemkab Kendal Mengatasinya

Direktur Bank Sampah Kendal, Nunuk Sarah Zenubia ketika memberikan sosialisasi

Kendal (Afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar sosialisasi pengelolaan sampah untuk menunjang pembangunan Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) sampah Darupono Baru, di ruang Garuda Tirtoarum Kendal Jawa Tengah pada (11/02/2020).

Sosialisasi tersebut dalam rangka untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan. Sesuai dengan rencana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI akan membangun TPA baru pada tahun 2020.

Untuk mempersiapkan pengelolaan sampah di TPA Darupono baru nantinya, warga masyarakat sekitar lokasi TPA dilatih untuk memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan untuk membuat barang atau material yang bermanfaat

 Direktur Bank Sampah Kendal,  Nunuk Sarah Zenubia mengatakan pemanfaatan sampah itu sangat dianjurkan. Caranya dengan mengumpulkan sampah melalui ibu – ibu PKK, anak – anak sekolah dan tiap kantor baik pemerintah maupun swasta bisa mengumpulkan sampah yang masih bisa digunakan untuk menghasilkan barang – barang dan material yang bermanfaat seperti unttuk pupuk tanaman, pakan ikan maupun barang kerajinan dari pembungkus makanan.

Baca Juga  Diduga Kelelahan, Petani Ini Meninggal di Sawah

“Kini bank sampah Kendal telah berkembang pesat semula masih berupa Bank Sampah Swadaya kini menjadi Bank Sampah Pusat. Dan kami ingin membantu warga di seputar wilayah TPA Darupono bisa menigkatkan taraf ekonomi dan sekaligus menjaga lingkungan dari sampah dengan pelatihan membuat aneka barang bermanfaat dari sampah berbagai macam jenisnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut bank sampah Kendal juga memamerkasn hasil kerajinan dan barang jadi dari bahan baku sampah pada 60 peserta yang berasal dari masyarakat serta instansi pemerintahan di Kaliwungu Selatan.

Diketahui pembangunan TPA baru yang akan memakan anggaran sebesar Rp 20 miliar itu dibangun di Kecamatan Kaliwungu Selatan dan tidak berada jauh dengan lokasi TPA Darupono pada 2020 ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal, Ir. Sri Purwati melalui sekretaris Drs. Irwin Suryono mengatakan, di Kabupaten Kendal memiliki 2 TPA yakni di Desa Darupono dan Desa Pagergunung.

Namun TPA Darupono mengalami penumpukan yang sangat banyak karena menampung sampah dari beberapa kecamatan di wilayah timur Kabupaten Kendal.

Baca Juga  Guru dan Staf Dinas Pendidikan 'Libur' Hingga 30 Maret

“Untuk luasnya TPA Darupono itu sekitar 0,9 hektare, sedangkan TPA Pagergunung luasnya sekitar 1,5 hektare. Jika dipindah ke TPA Pagergunung, warga merasa kejauhan untuk membuang sampah” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya TPA baru itu akan memiliki luas 6 hektare. Namun pada tahap pertama yang akan dibangun hanya seluas 1,5 hektare.

“Lokasi sesuai dengan persyaratan dan dekat karena lokasinya satu kilometer dari lingkungan pemukiman. Nantinya TPA itu menggunakan sistem Sanitay landfill dalam pengolahannya,” terangnya. (rob/am).

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed