oleh

Pemkab Berencana Bangun Fasilitas bagi Penyandang Disabilitas di RTH

Tulungagung, (afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung melalui Dinas Lingkungan Hidup berencana bakal membangun fasilitas ramah penyandang disabilitas di Ruang Terbuka Hijau (RTH). Rencananya, pengerjaan dilakukan pada awal tahun 2021.

Keempat titik yang akan dibangun tersebut recananya diprioritaskan di taman aloon-aloon, taman Ketanon, taman Hutan Kota, dan taman Ketandan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulungagung Santoso mengatakan, dibeberapa RTH saat ini memang belum memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas. Untuk itu, pihaknya berencana membangun fasilitas yang ramah bagi masyarakat.

“Nanti akan dibuat apakah berupa jalur pemandu difabel, atau toilet khusus difabel,” jelasnya, Kamis (1/10/2020).

Santoso melanjutkan, yang jelas pihaknya bakal melihat besaran anggaraannya. Namun pada awal tahun 2021, pihaknya akan serius mengerjakan proyek ini ketika anggaran sudah mulai bisa digunakan.

“Mana yang lebih dulu dikerjakan tentu ada prioritasnya, bisa juga di aloon-aloon,” ungkapnya.

Untuk jangka panjangnya lanjut Santoso, Pemkab juga akan membangun fasilitas khusus difabel diarea instansi dan perkantoran. Tujuannya agar penyandang disabilitas bisa nyaman ketika berada di tempat umum. (is/yp)

Baca Juga  Tiga Warga Truni Terjaring OTT

News Feed