oleh

Peluang Sekretaris DPRD Jadi Sekda Blitar Besar

Blitar, (afederasi.com) –  Jabatan sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Blitar dalam waktu dekat bakal terisi. Panitia seleksi (pansel) sudah memutuskan 3 nama menjadi calon terkuat menjadi orang nomor 3 di lingkup Pemkab.

Ketiga pejabatan tersebut adalah sekretaris DPRD Kabupaten Blitar, Izul Marom, Kepala Dinas Kominfo, Eko Susanto dan Kepala Bakesbangpol, Dicky Cubandono. Diperkirakan mempunyai peluang besar menjadi sekda adalah sekretaris DPRD.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan,  berdasarkan  pengumuman pansel pengisian JPT Pratama Sekda Kabupaten Blitar  No.5/Pansel/2021 tentang hasil seleksi terbuka JPT Pratama Sekda Kabupaten Blitar.

“Pansel memutuskan tiga nama terbaik. Keputusan pansel tidak bisa diganggu gugat sesuai dengan aturan yang ada,”katanya.

Dijelaskan tiga nama itu Izul Marom, Eko Susanto dan Dicky Cubandono.  Tahapan selanjutnya menurut Mashudi melaporkan hasil pansel kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk mendapat rekomendasi dan diteruskan ke Komisi ASN serta Kemendagri. Setelah turun rekomendasi Gubernur Jatim, diteruskan ke Komisi ASN dan Mendagri. Sekaligus untuk meminta persetujuan, waktu pelantikan Sekda definitif hasil seleksi.

“Jadi setelah proses seleksi dilaksanakan, dilaporkan kepada Gubernur Jatim untuk mendapat rekomendasi jika sudah sesuai aturan yang ada. Setelah semua rekomendasi turun, keputusan akhir siapa yang akan ditunjuk menjadi Sekda tetap ada di tangan Bupati Blitar,” tandasnya.

Sementara itu,  masa jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Blitar, Mujianto pada akan berakhir 11 Mei 2021. Mashudi mengaku pihaknya sudah mengajukan perpanjangan ke Gubernur Jatim, sampai dilantiknya sekda definitif.

Sebelumnya, pada proses seleksi JPT Pratama Sekda Kabupaten Blitar yang pendaftarannya dibuka 20-26 April 2021. Sebanyak 7 pejabat eselon II di jajaran Pemkab Blitar yang mendaftar, serta dinyatakan lolos seleksi administrasi yaitu Ketujuh orang pejabat tersebut dintaranya, Dicky Cubandono (Kepala Bakesbangpol), Adi Andaka (Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan), Izul Marom (Sekwan DPRD Kabupaten Blitar), Eko Susanto (Kepala Diskominfo), Herman Widodo (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip), Puguh Susanto (Kepala Dinas PUPR) dan Suhendro Winarso (Kepala Disparbudpora).

Setelah ketujuh pejabat eselon II tersebut dinyatakan lolos seleksi administrasi, wajib mengikuti seleksi wawancara dan pembuatan makalah yang dilaksanakan Jumat (30/04/2021) di salah satu hotel di Surabaya dan hasilnya diumumkan Senin (03/05/2021). (ang)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed