oleh

Lantik 56 Kepsek, Sekda : Prioritaskan Peserta Didik

Tulungagung, (afederasi.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung Sukaji melantik 56 kepala sekolah jenjang sekolah dasar (SD). Pelantikan dilaksanakan di aula Gedung Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora), Selasa (6/10/2020). Dalam kesempatan tersebut, Sukaji mengharapkan kepala sekolah baru untuk memprioritaskan peserta didik.

“Tingkatkan pelayanan pendidikan, terutama prioritaskan peserta didik,” kata Sukaji kepada afederasi.com.

Sukaji menjelaskan, kenapa lebih diutamakan untuk memprioritaskan peserta didik, karena saat ini dunia pendidikan juga terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, selama enam bulan lebih proses belajar-mengajar hanya dilakukan secara daring.

“Intinya jangan sampai pandemi ini menurunkan kualitas pendidikan kita,” terangnya.

Sukaji melanjutkan, jika kualitas peserta didik bagus, otomatis akan berimbas pada kualitas sekolahan yang dipimpinnya.

Sukaji menjelaskan, dari 56 kasek yang dilantik ini, 26 diantaranya mutasi. Sedangkan 30 lainnya berstatus sebagai guru promosi. Pihaknya juga menyampaikan bahwa mutasi adalah hal yang wajar disetiap organisasi.

“Hal seperti ini memang biasa, sebagai bentuk penyegaran. Meski ditengah pandemi, pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tukasnya.

Baca Juga  33 Kelurahan di Kota Pahlawan Nol Kasus Covid-19

Sementara itu Plt Kepala Disdikpora Haryo Dewanto Wicaksono menyampaikan, bahwasanya kepala sekolah yang dilantik wajib memiliki sertifikat pendidik sebagai salah satu syaratnya. Bahkan pada tahun 2021, jika belum memiliki sertifikat pendidik, mereka tidak bisa diangkat.

“Mereka sebagian diangkat sekarang karena saat ini masih pembelajaran jarak  jauh (PJJ), jadi harus ada yang bertanggung jawab di sekolah,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan afederasi.com, proses pelantikan tersebut juga disaksikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Arief Budiono dan Plt Kepala Disdikpora Haryo Dewanto Wicaksono.

Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, namun selama proses pelantikan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak,dan menyediakan area cuci tangan dan cek suhu. (is/yp)

News Feed