oleh

Kompak Cegah Penyebaran Covid-19

Trenggalek, (afederasi.com) – ­Pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan berakhirnya membuat banyak pihak terus berupaya untuk menekan penyebarannya. Apalagi, hingga kini belum ditemukan obatnya.

Seperti halnya yang dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek pada Kamis (10/9/2020) pagi. Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, mereka tetap getol untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, kampanye pemakaian masker dan protokol kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari program “Jatim Bermasker” yang telah digelar sebelumnya.

Tak hanya Tiga Pilar, kegiatan ini juga melibatkan jajaran Forkopimda, komunitas masyarakat, hingga penyelenggara Pemilu, partai politik dan bapaslon Bupati Trenggalek.

“Semua elemen kita libatkan guna mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Doni menjelaskan, pihaknya terus menggaungkan penerapan protokol kesehatan lantaran saat ini Covid-19 masih ada. Yang perlu diketahui, hanya disiplin dalam menjaga kesehatan adalah vaksin yang paling efektif menangkal penyebaran Covid-19.

“Hanya disiplin yang paling ampuh, tetap bermasker, jaga jarak, jaga kesehatan, dan sesering mungkin cuci tangan,” tegasnya.

Baca Juga  Logo Banteng ‘PDIP’ Muncul Diprogram GURU-ku, Ini Penjelasan Dispendik

Doni mengungkapkan, sejauh ini pihaknya bersama dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten hingga tingkat desa terus bersinergi untuk mendisiplinkan masyarakat, sesuai dengan intruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid -19.

“Rencananya ada 7000 masker yang akan dibagikan serentak dan melibatkan para relawan dan elemen masyarakat lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan, pembagian masker yang dimotori Polres Trenggalek dilakukan sambil bersepeda santai dengan start Alon-alon dan finish pasar Basah Trenggalek.

“Pembagian masker sekaligus imbauan wajib memakai masker ini dilakukan sambil berolah raga bersepeda santai. Jadi seluruh Forkopimda dan jajaran serta relawan semua mengendarai sepeda,” ungkapnya.

Arifin juga mengapresiasi bahwa Kepolisian cukup sigap dan pro aktif mensosialisasikan disiplin prokes sebagaimana Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020 yang mengatur tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

“Dengan pembagian masker ini kita harapankan warga semakin disiplin menggunakan masker,” terangnya (pb/yp)

News Feed