oleh

DPRD Trenggalek gelar Paripurna Agenda dengarkan Pidato Kenegaraan

Trenggalek,(afederasi.com) – DPRD Trenggalek menggelar sidang paripurna Jum’at (14/8/2020). Dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia menjelang HUT Kemerdekaan RI ke – 75, pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020.

Penyampaian pidato dilakukan melalui video conferens dan dihadiri Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Ketua DPRD Samsul Anam serta seluruh jajaran Forkopimda, bertempat di gedung DPRD Trenggalek.

Presiden RI, Ir. Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan, semestinya sejak dua minggu yang lalu berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan.

Seperti karnaval dan perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan untuk menyelimuti suasana kemeriahan peringatan HUT kemerdekaan ke-75 RI.

Namun, semua yang sudah direncanakan tersebut harus berubah total. Semua ini tidak boleh mengurangi rasa syukur dalam memperingati 75 Tahun Indonesia Merdeka.

Tentunya dengan mengingat saat ini sebanyak 215 negara, tanpa terkecuali Indonesia, sedang menghadapi masa sulit ditengah pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi juga menyambut hangat, seruan moral penuh kearifan dari para ulama, para pemuka agama dan tokoh-tokoh budaya, agar menjadikan momentum musibah pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar.

Baca Juga  Banggar DPRD Trenggalek Bersama TAPD, Bahas KUA PPAS Perubahan APBD 2020

Pada usia ke-75 ini Nagara Indonesia telah menjadi negara Upper Middle Income Country. Dan 25 tahun lagi pada usia seabad Republik Indonesia kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia negara maju.

Krisis ini memaksa kita menggeser channel cara kerja normal menjadi ekstra-normal. Dari cara-cara biasa menjadi luar biasa. Dari prosedur panjang berbelit jadi smart-short-cut. Dari orientasi prosedur menjadi orientasi hasil.

“Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Krisis harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan,” tutur Presiden Jokowi.

Sementara itu, Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam menjelaskan, pelaksanaan sidang paripurna kali ini dilaksanakan melalui video conferens dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi semua yang hadir menggunakan masker, handsanitizer dan melalui cek suhu tubuh. Bahkan dari hasil pemeriksaan suhu tubuh dengan alat termogun. Alhasil semua aman, disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (pb/dn)

News Feed