oleh

Bupati Maryoto Serahkan 1000 SHAT, Melalui Program PTSL

Tulungagung, (afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah menyerahkan 1000 sertifikat hak atas tanah (SHAT) melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020, terhadap warga yang ada di 20 desa di Kota Marmer.

Dimana, penyerahan SHAT melalui program PTSL tahun 2020 itu diberikan langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo di kantor Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel, pada Sabtu (17/10/2020).

Bupati Maryoto mengatakan Kabupaten Tulungagung memiliki jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa. Dengan memanfaatkan program PTSL, kini sebanyak 259.625 sertifikat telah diterbitkan.

Ditahun 2019 lalu, pemkab menargetkan 47.300 sertifikat yang harus diterbitkan, namun hanya mampu mencapai 25.276 sertifikat. Sedangkan pada 2020 ini pihaknya menargetkan 26.872 dan hingga per Oktober ini sudah tercapai 13.393 bidang yang telah bersertifikat.

“Harini kami telah menyerahkan 1000 sertifikat tanah kepada warga yang ada di 20 desa,” ungkap Maryoto ketika dikonfirmasi afederasi.com

Lebih lanjut Maryoto menuturkan bagi warga yang sudah menerima sertifikat diwajibkan untuk melakukan fotocopy sertifikat serta legalisir di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), atau masyarakat sering menyebutnya kantor Agraria.

“Ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti halnya keselip, dicuri ataupun terbakar. Sertifikat jangan sampai di sekolahkan (red-digadaikan),” kata Maryoto.

Disinggung terkait masih belum terpenuhinya target PTSL di tahun 2020 ini, Maryoto menyatakan akan segera menyelesaikan penerbitan sertifikat tersebut, dan menyerahkan secara bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes).

Maryoto menambahkan, untuk kedepan pemkab akan menganggarkan dana untuk membentuk Trijuang. Dimana Trijuang adalah progam yang melibatkan tiga pilar yakni BPN, Pemda, dan Pemerintah Desa (pemdes).

“Teknis mengenai trijuang akan dijelaskan lebih lanjut oleh BPN sendiri. Dan kami harap semua warga untuk segera mendaftarkan ke program PTSL,” imbuhnya. (er/dn)

News Feed